Masjid Tegalsari Ponorogo Peninggalan Kyai Ageng Hasan Besari


PONOROGO -- Masjid menjadi tempat yang banyak dikunjungi warga Tak hanya digunakan sebagai tempat beribadah, tetapi juga menjadi lokasi untuk berwisata religi.

Salah satunya adalah masjid Tegalsari di Ponorogo. Salah satu masjid tertua di Indonesia tersebut didirikan sekitar abad ke-18. Masjid ini merupakan peninggalan Kyai Ageng Hasan Besari, seorang ulama besar yang hidup sekitar tahun 1742 pada zaman pemerintahan Pakubuwono II.

Di dalam masjid tersimpan kitab yang berumur antara 150-170 tahun yang ditulis oleh Ronggo Warsito. Masjid Tegalsari merupakan pusat penyiaran agama Islam terbesar di wilayah Kabupaten Ponorogo pada masa itu.

Di masjid itu pula didirikan Pesantren Tegalsari yang amat tersohor dan mempunyai ribuan santri, berasal dari seluruh tanah Jawa dan sekitarnya. Di antara santri-santrinya yang terkenal adalah Raden Ngabehi Ronggowarsito seorang Pujangga Jawa yang masyhur dan tokoh Pergerakan Nasional H.O.S. Cokroaminoto.

Di masjid ini, pengunjung juga bisa menziarahi makam Kyai Ageng Mohammad Besari, yakni pelopor dan pendiri pesantren Tegalsari
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
BERITA MENARIK LAINNYA
close