BAZNAS Tuban Bantu Wujudkan Desa Wisata Guwoterus Montong


TUBAN,CERITARELAWAN.id - BAZNAS Kabupaten Tuban dalam proses mewukudkan Desa Wisata di Kabupaten Tuban. Tepatnya di Desa Guwoterus, Kecamatan Montong.

Secara singkat dapat digambarkan bahwa Desa Guwoterus adalah desa tertinggal. Dari pusat kota, desa yang satu ini berjarak 30 km. Mata pencaharian masyarakatnya mayoritas buruh tani di lahan persil. Berada di wilayah pegunungan, kehidupan di deda ini cukup keras.

Namun, di tengah hidup yang serba berkekurangan itu, ada sekelompok pemuda yang tergerak hatinya untuk mencari potensi ekonomi lokal dan membuat gerakan untuk peduli terhadap warga miskin setempat. Pemuda-pemuda itu membentuk 2 kelompok, yaitu Tabungan Akhirat dan Pendekar Siaga.

Masing,masing kelompok yang dibentuk memiliki peran tersendiri dan saling melengkapi. Kelompok Tabungan Akhirat berperan membuat gerakan gemar bersedekah. Pola yang mereka terapkan adalah mereka menyebar kotak jariyah terbuat dari kayu yang ditempatkan di rumah warga. Kotak jariyah yang disebar hanya dibuka menjelang ramadhan. Sementara Pendekar Siaga memilki peran menjaga keamanan desa dan melaksanakan kerja sosial dari dana infaq yangvterkumpul melalui kotak jariyah. Kedua kelompok ini bergerak untuk memgubah mindser warga desa yang terkesan pasrah menerima keadaan yang terbelakang menjadi warga yang produktif.

Terbukti, di bidang ekonomi mereka mencoba mnggali potensi yang ada. Atas kejelian mereka, potensi yang dapat mereka temukan adalah potensi wisata berupa gua, pemandangan alam dan sungai, serta potensi ekonomi berupa kerajinan dari pohon bambu dan ternak burung merpati. Di perbatasan desa Guwoteris dan Nguluan ada sebuah gua yang bernama putri asih. Di dalam gua terbut ada bebatuan stalaktit dan stalakmid. Bebatuan itu, jika diberi pencahayaan yang berwarna-warno, maka akan memghasilkan pemandangan yang sangat indah. Kemudian sungai, untuk potensi wisata yang satu ini para pemuda merancangnya untuk menjadi wisata “river tuning".Kedua potensi ini sedang digarap untuk menjadi mata pencaharian naru bagi warga setempat.

Untuk mewujudkan cita-cita para pemuda kreatif ini, BAZNAS Kabupaten Tuban hadir. Dengan program zakat community development, BAZNAS Kab. Tuban mencoba mendampingi. Sementara ini, BAZNAS Prov. Jatim telah siap mendanai program ini. BAZNAS Kabupaten Tuban dan BAZNAS Pusat pun siap untuk mengembangkan desa Guwoterus melalui program ZCD ini. Setidaknya ada beberapa potensi yang digarap dalam program ini, river tubing, wisata panorama alam, kerajinan bambu, ternak burung merpati, dan radio dakwah.

Potensi ini kini sedang dalam proses digarap. Mohon doa dan kesediaannya untuk berkunjung di Desa Guwoterus agar peningkatan ekonomi warga desa yang satu ini segera terwujud. (Wahid)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata