BAZNAS TRENGGALEK - Zakat Tumbuh Bermanfaat

Trenggalek, CERITARELAWAN.id - Pertumbuhan penerimaan Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) sepanjang 2018 meningkat sekitar 13,36% dari tahun sebelumnya menjadi Rp 3,29 miliar, yang dihimpun oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)  Kabupaten Trenggalek.
Ketua Baznas Kabupaten Trenggalek, H. Mahsun Ismail, mengatakan bahwa pertumbuhan penerimaan ZISWAF merupakan buah dari kesadaran masyarakat untuk berkemah yang semakin membaik serta kepercayaan para muzaki, munfik,wakif dan para donatur atas kinerja pengelolaan BAZNAS yang amanah, profesional, transparan dan akuntabel. Beliau pun optimis tahun 2019 akan lebih meningkat lagi pertumbuhan penerimaan ZISWAF yang dikelola, seiring dengan kesadaran para muzaki dan tergarapnya potensi UPZ yang baru.
Pada sisi pendistribusian tersalurkan sebesar Rp. 3.179.645.598,- atau 87,55% dari total penerimaan. Prosentase penyaluran secara detail dapat dilihat pada diagram, dengan komposisi 46,52% untuk program Trenggalek Peduli (Bedah Rumah, Alat Bantu Difabel, Biaya Hidup Fakir/Miskin, BAZNAS Tanggap Bencana), 16,71% untuk Program Trenggalek Taqwa (Bantuan Stimulus Pembangunan Masjid/Mushala, Syiar Islam, Sertifikasi Tanah Wakaf, dan Diklat Pembelajaran metode Al-Qur’an) sebagian besar dari alokasi infak, 11,46% Program Trenggalek Sehat (Bantuan Premi BPJS Fakir/Miskin, Biaya Berobat dan Akomodasi Berobat dalam/luar kota), 2,26% Program Trenggalek Makmur berupa bantuan pemberdayaan ekonomi, 1,74% Program Trenggalek Cerdas, 8,86% dana operasional dan 12,44% saldo akhir tahun sebagai utang penyaluran pada awal tahun, total penerima manfaat sejumlah 2.979 orang/lembaga.
Zakat tumbuh bermanfaat, memberikan dampak langsung kepada penerima manfaat (mustahiq). Banyak masyarakat miskin yang terbantu dengan pertumbuhan penerimaan ZISWAF ini. Banyak orang yang sakit dapat tertolong untuk biaya pengobatan, yang rumahnya belum layak dapat terbantu pembangunan rumah yang layak, yang memiliki skill usaha terbantu permodalan dan alat usaha, yang kesulitan biaya sekolah terbantu dalam pembiayaan dan output kualitas pendidikan yang baik.
Lebih lanjut, Mahsun Ismail berharap penerimaan ZISWAF dari tahun-ketahun meningkat, sehingga lebih banyak yang terbantu dan terentaskan melalui berbagai program dan pemberdayaan yang dilakukan. Tidak mustahil beberapa penerima zakat yang saat ini diberdayakan ekonominya meningkat menjadi orang yang membayar zakat (muzaki). Sembari mengajak segenap pihak untuk turut mendukung kegiatan sadar zakat yang dilaksanakan oleh BAZNAS Kabupaten Trenggalek. (CR/deni/humas baznad trenggalek)


CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata