Talkshow " Kenali Mitigasi Bencana, Sadar Ancaman Bencana" PMR MAN 2 Ponorogo


Ponorogo, CERITARELAWAN.id - Dalam rangka Hari Ulang Tahun ke XIX tahun 2019 PMR PMI MAN 2 Ponorogo mengadakan Talkshow Kesiapsiagaan Bencana tema" Kenali Mitigasi Bencana, Sadar Ancaman Bencana " tanggal 10 Februari 2019 bertempat di GOR MAN 2 Ponorogo Pemateri dari PMI Provinsi Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Ponorogo.

Ananda Adam ketua panitia mengatakan" bahwa tujuan kegiatan ini salah satunya untuk memberikan dan sekaligus mengajak kepada pelajar atau PMR yang merupakan anggota muda PMI di Ponorogo Khususnya umumnya dan pelajar yang ada di karesidenan Madiun umunya untuk membangun kesadaran bahwa pentingnya pelajar untuk selalu siap,siaga dalam siaga bencana, kegiatan ini di ikuti oleh 750 orang peserta dari berbagai Sekolah Se-Eks Karesidenan Madiun dengan menghadirkan pemateri dari PMI provinsi Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Ponorogo.

Nasta'in Kepala MAN 2 Ponorogo dalam sambutan pembuukaan menyampaikan " Acara seperti ini merupakan acara yang diadakan tiap tahun, perlu diketahui peran pelajar saat ini sangat perlu untuk diperhatikan karena dengan melalui wadah-wadah kegiatan yang positif seperti akan menggugah kesadaran mereka untuk selalu siap berperilaku yang sehat, dan baik".

Setyo Budiono Pemateri dari BPBD Kabupaten Ponorogo menyampaikan " acara ini sungguh sangat bermanfaat bagi pengetahuan tangguh bencana. Selain itu juga sebagai ajang silaturahmi antar sekolah dan tukar pikiran. Bahkan para pelajar bisa saling menambahkan ide-ide untuk mengembangkan diri masing-masing Baik mengenai akademis maupun non akademis. Ia berpesan kepada panitia acara tersebut untuk mengembangkan acara ini. Karena acara ini sangat bermanfaat bagi pelajar maupun masyarakat pada umumnya. Ia berharap acara semacam ini kalau bisa diadakan 6 bulan sekali.


" kepada adik-adik PMR ini nantinya akan menambah pengetahuan mereka mengenai banyak hal tentang bencana. Bukan hanya mitigasi namun banyak pengalaman baru yang akan mereka dapatkan, termasuk bagaimana cara mencarikan jalur evakuasi korban bencana dan lainnya" tambah budi.

Sementara itu Andris Rufianto Putro Pemateri dari PMI Jawa Timur mengatakan acara semacam ini sangat bagus dan memang harus sering diadakan karena sangat berguna bagi pelajar untuk dapat membantu penanganan bencana, mereka akan tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana.
"Acara semacam ini seharusnya sering diadakan di sekolah-sekolah, sehingga para PMR akan siaga dalam penanganan bencana. Ia menambahkan semakin banyak peserta dari adik-adik PMR maka akan banyak remaja yang siap dan tangguh bencana saat terjadi Bencana" Tambah Andris.



Syamsu Aida Yahya Sekretaris PMI Kabupaten Ponorogo menambahkan Kami mengucapkan Selamat Ulang tahun PMR MAN 2 Ponorogo Ke XIX Tahun 2019 semoga PMR MAN 2 Makin meningkat lebih bagus dan Melalui kegiatan talkshow ini harapan kami peran PMR atau pelajar bisa memberi contoh dalam kesiapsiagaan bencana terutama untuk pribadi dan lingkungan sekolah serta lingkungan rumahnya.*(CR).
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
close