BASARNAS, PMI DAN Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi Korban laka Laut Pantai Ngobyog Pacitan

Pacitan, CERITARELAWAN.com - Untuk merespon kejadian Laka laut Pantai Ngobyog Dusun Karang Turi Desa Sumber Rejo  Kecamatan Sudimoro Kabupaten Pacitan Jawa Timur yang terjadi pada senin (4/3) siang waktu setempat.

PMI Kabupaten Pacitan dibawah koordinasi BASARNAS Pos SAR Trenggalek dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan menerjunkan 3 relawan dan 1 ambulance melakukan assessment sekaligus membantu pencarian, evakuasi dan siaga ambulance.


Wahyu Staf PMI Kabupaten Pacitan mengatakan kepada CERITARELAWAN.com   Korban ada 2 orang pertama korban yang tenggelam Toiman/alias Toijan (45 tahun) warga Rt 01/14 Dusun Karangturi, Desa Sumberejo Kecamatan Sudimoro dan korban yang selamat atas nama Supangat (42 tahun) warga Rt 01/14 Dusun Karangturi, Desa Sumberejo Kecamatan Sudimoro.


 Kronologi kejadian Pada hari ini senin, (4/3) sekitar  Pukul. 04.30 wib. sdr. Toiman  dan sdr. supangat pergi melaut  untuk menarik jaring  udang  lobster di pantai clowok timur wawaran / TPI ngobyok, sekitar jam 06.30 wib. Perahu korban tergulung ombak besar. Berdsasarkan saksi yang berada dilokasi kejadian saat kapal tengelam tersebut diketahui oleh saksi sdr. Yanto dan sdr. Paikun saat itu sedang melintas  disekitar TKM, namun saksi tidak berani menolong dikarenakan ombak besar dan posisi korban berada ditepi tebing dan akhirnya  Sdr. Yanto dan paikun memutuskan untuk kedarat dan memberitau rekan2 pokmaswas untuk menolong lewat darat. Selanjutnya sdr.  Supangat bisa di selamatkan mengunakan tali menaiki tebing, sedangkan korban (Sdr. Toiman) sudah tidak kelihatan sampai saat ini masih dalam proses pencarian dan menghubungi BPBD Pacitan.


Sudjarno Pengurus Kabupaten Pacitan Menambahkan hari ini merupakan operasi pencarian hari kedua pencarian laka Laut Pantai Ngobyog Pacitan yang dimulai jam 07.00 WIB Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pacitan dibawah koordinator BASARNAS Pos SAR Trenggalek dan BPBD Pacitan bersama sama dengan Potensi SAR yang lain diantaranya Polsek Sudimoro, Koramil Sudimoro, Kamladu Pacitan, SAR Linmas Satpol PP, Banser, Satgana PMI Kab. Pacitan, Pokmaswas dan Rapi Pacitan. Di awali Apel dilanjutkan breafing pembagian tugas dibagi menjadi 3 tim yaitu Sru 1 perahu karet basarnas melakukan penyisiran radius 1 mil ke arah timur dari tkm, Sru 2 perahu nelayan melakukan penyisiran radius 1 mil ke arah barat dari tkm dan Sru 3 melakukan pemantauan dari pinggir pantai di sekitar tkm, dan alhamdulillah sekitar jam 08.30 wib Korban bernama Toiman alias Toijan ditemukan dan berhasil dievakuasi oleh BASARNAS, PMI DAN Tim SAR Gabungan dalam keadaan meninggal dunia. Selanjutnya jam 10.25 WIB korban di serahkan ke Pihak Keluarga dan Operasi SAR dinyatakan selesai.(nur/CR)


#BASARNAS #PMI  #TimSARGabungan #KorbanlakaLaut Pantai #Ngobyog #Pacitan
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "BASARNAS, PMI DAN Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi Korban laka Laut Pantai Ngobyog Pacitan"