BAZNAS Adakan Sosialisasi Pembentukan UPZ Desa, Musholla dan Masjid Se Kabupaten Mojokerto


Mojokerto.CERITARELAWAN.com - Sebagai salah satu program kerja, BAZNAS Kabupaten Mojokerto melakukan Sosialisasi Sadar Zakat dan Pembentukan UPZ Desa, Masjid dan Musholla. Untuk tahap pertama ini dilaksanakan di Balai Desa Sedati Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto  (27/03/2019). 

Sosialisasi sadar zakat dan pembentukan UPZ ini sendiri diselenggarakan atas undangan Kepala Desa Sedati Kec. Ngoro dan dihadiri oleh Penyuluh Agama Islam (KUA) Kec. Ngoro Pengurus BPD, LPM, Pengurus Masjid – musholla se Desa Sedati kecamatan Ngoro dan beberapa Tokoh Masyarakat.


Ketua Pelaksana Operasional BAZNAS Kabupaten Mojokerto, H. Abd. Khafid Busyri, menekankan pentingnya pembentukan UPZ Desa, Masjid dan/atau Musholla karena hal tersebut sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat dan PP No. 14 tahun 2014 tentang pelaksanaan pengelolaan zakat.

Apabila sudah ada Surat Keputusan (SK) pengurus UPZ Desa, Masjid dan/atau  Musholla, UPZ bisa langsung bekerja. SK sendiri memiliki arti penting sebagai kekuatan hukum, karena menurut UU No. 23 Tahun 2011 Bab VIII Pasal 38 menyebutkan.


“Setiap orang dilarang dengan sengaja bertindak selaku amil zakat melakukan pengumpulan, pendistribusian, dan atau pendayagunaan zakat tanpa izin pejabat yang berwenang.”

Lebih lanjut, pelanggaran terhadap pasal tersebut diancam dengan ketentuan pidana pada Bab IX pasal 41 bahwa “Setiap orang yang dengan sengaja dan melawan hukum melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 38 dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) tahun dan atau pidana denda paling banyak Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah).”

Tentu saja selain untuk mengikuti regulasi tersebut, UPZ Desa, Masjid dan/atau Musholla yang telah dibentuk bertujuan untuk meningkatkan kinerja pengumpulan zakat dari warga desa / jama’ah Masjid dan Musholla, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perkembangan keislaman di lingkungannya melalui pemberdayaan zakat, infaq, dan sedekah.
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "BAZNAS Adakan Sosialisasi Pembentukan UPZ Desa, Musholla dan Masjid Se Kabupaten Mojokerto "

BERITA MENARIK LAINNYA
close