Rapat Kerja BAZNAS Kabupaten Lumajang Tahun 2019


Lumajang. CERITARELAWAN.id - Rabu,  26 Maret 2019 -- Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML., meminta agar Kepala OPD membantu pengumpulan zakat yang ada di OPD masing-masing. Hal itu disampaikan Bupati saat membuka Rapat Kerja 2019 Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Lumajang, di Pendopo Kabupaten, Selasa (26/3/2019) pagi.

"Siapapun yang ditunjuk menjadi kepala OPD harus bertanggung jawab dengan pengumpulan zakat yang ada di masing-masing OPD,  sebagai komitmen kinerjanya. Ini juga harus berkomitmen dengan saya," ujarnya.


Cak Thoriq menyampaikan, pihaknya akan mensupport penuh program BAZNAS Kab. Lumajang. Itu sudah menjadi komitmen Pemkab Lumajang.

Cak Thoriq berharap, selain mengumpulkan dan mendistribusikan zakat, BAZNAS Kab. Lumajang juga memiliki program untuk menjadikan para Mustahiq (penerima zakat) menjadi Muzakki (wajib zakat). 


Sinergi yang terjalin antara Pemerintah Kabupaten Lumajang dan BAZNAS Kab. Lumajang benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Sementara itu, Wakil Ketua BAZNAS Provinsi Jawa Timur,  Abdurrahman Nafiz, menyampaikan, bahwa zakat memiliki banyak manfaat. Ia berharap Pemerintah Kabupaten Lumajang turut membantu BAZNAS untuk optimalisasi pengumpulan zakat.


Untuk optimalisasi Zakat, Abdurrahman menjelaskan, bahwa hsl itu, memerlukan 2 landasan yaitu landasan religius dan landasan Undang-undang. 

Oleh karena itu, Pemkab Lumajang juga memiliki andil.   "Saya harapkan pak bupati bisa menginstruksikan kewajiban untuk berzakat," harapnya.


Ketua BAZNAS Kab. Lumajang, Atok Hasan Sanusi, S H., melaporkan Rapat Kerja 2019 Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Lumajang merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakn setiap tahun dengan agenda pelaporan kegiatan 2018 dan pembahasan perencanaan program pengumpulan dan pendistribusian zakat serta evaluasi untuk kinerja di tahun berikutnya.

Menurutnya, untuk optimalisasi pengumpulan zakat, Ketua BAZNAS Kab. Lumajang melakukan sinergi dengan Pemkab Lumajang  

"Kami mohon dukungan pemerintah daerah untuk mendukung program baznas baik pengumpulan maupun pendistribusian," ujarnya.

Pada 2018, BAZNAS mengumpulkan 4,6 Milyar lebih. Untuk pendistribusian BAZNAS menyalurkan 4,8 Milyar (Fadli__Mirwan/CR).
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Rapat Kerja BAZNAS Kabupaten Lumajang Tahun 2019"

BERITA MENARIK LAINNYA
close