100 Personil BPBD Ikuti Bimtek TRC Daerah Wilayah Tengah Tahun 2019

Foto : Humas BNPB
Bogor.CERITARELAWAN.id - Sebanyak 100 personil BPBD dari 20 Kab/kota, ikuti bimbingan teknis (Bimtek) Tim Reaksi Cepat (TRC) daerah wilayah tengah tahun 2019. Pada tanggal 21 - 26 April 2019, di Desa Gumati Hotel, Sentul, Bogor.

Bimtek ini dibuka oleh Plt. Deputi Bidang Penangan Darurat, Harmensyah. Dalam arahannya mengatakan bahwa, "TRC harus selalu siap 24/7, dan harus cepat saat darurat bencana, jangan  menunggu keadaan normal, tapi segera lakukan kaji cepat dan tepat. Dan dengan UU no. 24 tahun 2007 TRC mempunyai kemudahan akses dalam penanganan darurat bencana." Jelas Harmensyah.

"Diharapkan dengan Bimtek ini TRC Daerah mampu berkoordinasi dengan pihak luar seperti pemerintah pusat, TNI, Polri, Kementerian/lembaga, LSM, serta instansi lainnya. Dan sesuai arahan Kepala BNPB kita harus bisa merubah pola pikir dalam penanggulangan bencana yaitu lebih mengutamakan pada mitigasi bencana dari pada tanggap darurat bencana." Tambah Harmensyah.

Tujuan dari bimtek TRC adalah untuk meningkatkan kapasitas pesonil TRC daerah dalam kegiatan penanganan darurat bencana, baik itu dalam berkoordinasi dan sinergi antara pusat dan daerah. Meningkatkan  fungsi komando saat penanganan darurat bencana di daerah, serta menjalin silaturahmi antara BPBD di wilayah tengah.

Selama 6 hari personil TRC akan dibekali pengetahuan kebencanaan terkait manajemen pelaksanaan penanganan darurat bencana dan simulasi kaji cepat serta pembentukan posko penanganan darurat bencana.

Hadir dalam pembukaan tersebut Deputi Bidang Logistik dan Peralatan, para eselon 2, 3, 4 serta para staf BNPB.

Sumber : Humas BNPB
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Posting Komentar untuk "100 Personil BPBD Ikuti Bimtek TRC Daerah Wilayah Tengah Tahun 2019"