Antisipasi Persediaan Darah Selama Ramadhan, PMI Jember Layani Pendonor Sampai Malam

Foto Humas PMI Jember

Jember.CERITARELAWAN.id – Rapat Koordinasi seluruh Ketua PMI Kecamatan se-Kabupaten Jember digelar di UDD PMI Kabupaten Jember, Rabu 24/4/2019, dalam rangka mempersiapkan menghadapi Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1440 H. PMI Jember  juga mengantisipasi lonjakan permintaan darah selama Ramadan dan pasca Perayaan Idul Fitri 1440 H.

Sebab, hampir tiap Ramadan dan pasca Hari Raya Idul Fitri stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI tipis. Pasalnya, kebutuhan darah cenderung meningkat, terutama pasca Ramadan karena banyak pasien yang menunda operasi setelah Hari Raya Idul Fitri. Selain itu ada tren kebutuhan darah selama Ramadan dan pasca Idul Fitri juga meningkat. 

Untuk itu, PMI Cabang Jember menyiapkan diri lebih matang menghadapi Ramadan dan pasca Idul Fitri 1440 H mendatang. Salah satunya dengan merancang kegiatan donor darah malam hari yang selama ini sudah berjalan. “Selama Ramadan kegiatan donor darah (dondar) dilaksanakan malam hari setelah salat tarawih,” kata ketua PMI Kabupaten Jember EA Zaenal Marsuki SH MH.

Dia menjelaskan, donor darah saat Ramadan punya nilai ibadah. Selain donor darah juga positif karena dinilai sebagai ibadah yang berpahala. Karena itu, dia mengimbau masyarakat untuk aktif donor darah saat Ramadan. Kendati begitu, kata dia, tetap ada sisi negatifnya. “Negatifnya karena mungkin ada yang turun gairah donor darah karena puasa,” ujarnya. 

Untuk itu, PMI Kabupaten Jember melaksanakan langkah-langkah konkret. “Perlu adanya langkah-langkah kongkret dari PMI untuk mengantisipasi pelonjakan kebutuhan darah. Disaat pasokan darah cenderung berkurang saat Ramadan. Terutama pasca Ramadan,” ungkapnya. 

Sumber Data dan Informasi Unit Humas PMI Kabupaten Jember
Website: www.pmikabjember.com
www.donordarahsehat.com
Fb : Pmi kabupaten jember
IG : pmikabupatenjember
Twitter : @jember_pmi
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url