Apa itu Transfusi Darah? Pengertian dan Komplikasi Transfusi


Jika seseorang telah mengalami pendarahan yang cukup besar selama operasi atau karena kecelakaan, volume darah mereka mungkin terlalu rendah untuk secara efektif membawa oksigen ke seluruh tubuh. Dalam situasi ini, transfusi darah - memberikan orang darah yang disumbangkan oleh orang lain - dapat menyelamatkan nyawa. Semua darah yang disumbangkan disaring untuk penyakit darah seperti hepatitis, sifilis dan HIV.
Empat jenis darah yang berbeda A, B, AB dan O, dan masing-masing jenis ini baik Rh-positif atau Rh-negatif. (Golongan darah seseorang dulu disebut mereka Tipe Rhesus ‘tapi sekarang kita hanya mengatakan’ Tipe Rh) Ketika transfusi diberikan, adalah lebih baik bagi seseorang untuk menerima darah dari (yang cocok atau) kompatibel dengan kelompok golongan darah ABO dan Rh.
Namun, dalam keadaan darurat, jika golongan darah yang dibutuhkan tidak diketahui dan tidak ada cukup waktu untuk mencari tahu, seseorang dapat diberikan golongan darah O negatif. Itulah sebabnya O negatif dikenal sebagai golongan darah universal dan berada dalam permintaan yang lebih tinggi daripada jenis darah lainnya.

Darah membawa oksigen dan nutrisi

Semua sel dalam tubuh membutuhkan oksigen dan nutrisi, dan memiliki limbah mereka dibawa pergi. Ini adalah peran utama dari sistem peredaran darah. Menggunakan jaringan arteri, vena dan kapiler, membawa darah karbon dioksida ke paru-paru (untuk pernafasan) dan mengambil oksigen. Dari usus kecil, darah mengumpulkan nutrisi makanan dan memberikan kepada setiap sel.
Darah terdiri dari:
Sel darah merah – untuk membawa oksigen
Sel darah putih – yang membentuk bagian dari sistem kekebalan tubuh
Trombosit – dibutuhkan untuk pembekuan
Plasma – cair di mana sel-sel darah, nutrisi dan limbah mengambang.

Ketika transfusi darah diperlukan
Beberapa kondisi yang berbeda yang memerlukan transfusi darah atau produk darah meliputi:
Kehilangan darah – yang cukup parah untuk mempengaruhi volume darah dan sirkulasi
Anemia berat – di mana darah tidak dapat membawa oksigen yang cukup ke sel-sel tubuh
Trombositopenia – perdarahan spontan yang disebabkan oleh terlalu sedikit  trombosit.




Berbagai jenis koleksi darah
Cara utama di mana darah dikumpulkan meliputi:
     Homolog – seluruh darah yang dikumpulkan dari donor, dipisahkan menjadi komponen-komponen yang berbeda dan diberikan sebagai transfusi kepada orang-orang dengan tipe yang kompatibel (yang cocok) darah.
    Apheresis – hanya beberapa komponen, baik plasma atau trombosit, yang diambil dari darah donor. Sebuah mesin sentrifugal sel dan memberikan sel darah merah, atau sel darah merah dan plasma, kembali ke donor.
Cara yang kurang umum di mana darah yang dikumpulkan meliputi:
    Autolog – sebelum operasi terjadwal atau transfusi, seseorang menyumbangkan darah khusus untuk mereka gunakan sendiri.
   Directed (tertuju) atau ditunjuk – sebelum transfusi dijadwalkan, permintaan orang itu hanya darah yang dikumpulkan dari anggota keluarga atau teman-teman akan digunakan untuk transfusi.
   Autolog dan sumbangan tertuju sekarang berkecil hati kecuali seorang dokter spesialis yakin ada kasus untuk ‘kebutuhan khusus’. Bertentangan dengan apa yang beberapa orang percaya, donor darah ini berbagi risiko kecil sama biasanya terkait dengan sumbangan homolog.

Komplikasi transfusi
Sesekali komplikasi yang disebabkan oleh menerima transfusi darah dapat mencakup:
     Kelebihan cairan – ini dapat dikurangi dengan memasukkan darah yang disumbangkan perlahan-lahan.
    Reaksi alergi – sistem kekebalan tubuh seseorang memperlakukan produk darah yang disumbangkan sebagai ancaman. Gejala termasuk gatal, pusing, sakit kepala dan kesulitan bernapas.
   Reaksi hemolitik – terjadi jika orang tersebut diberikan salah jenis darah. Sel darah merah yang ditransfusikan hancur atau rusak. Gejala termasuk perasaan tekanan di dada, nyeri punggung dan kesulitan dalam bernapas. Reaksi hemolitik kadang-kadang bisa mengancam nyawa.

Transfusi cedera terkait akut paru (trali) – di mana darah yang ditransfusikan bereaksi dengan seseorang yang mengarah ke penyumbatan pada pembuluh darah di paru-paru. Gejala termasuk kesulitan bernafas dan tingkat oksigen darah yang rendah. Hal ini terkadang dapat mengancam kehidupan.
Sumber : sridiati.com
Next Post Previous Post