Evaluasi Materi, PMI Jawa Timur Adakan Jumbara PMR IX Tahun 2019


MAGETAN.CERITARELAWAN.id - Jumbara (JUMpa BAkti gembiRA) merupakan salah satu pelaksanaan tribakti PMR dan ajang pertemuan antar Anggota PMR, Pembina PMR, Pelatih PMI, Staff, dan Pengurus PMI khususnya yang membidangi pembinaan dan pengembangan PMR. 

Jumbara ke IX Palang Merah Remaja (PMR) Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Timur bertempat di lapangan Secata Rindam V Brawijaya Magetan dilaksanakan mulai tanggal 24 s/d 28 juni 2019, di ikuti oleh ratusan peserta dari 38 PMI Kabupaten/Kota se-Jawa Timur dan dihadiri oleh H. Muhammad Muas SH. Pengurus PMI Pusat Bidang Relawan, Ketua PMI Jawa Timur beserta Pengurus, Bupati Beserta Muspida Kabupaten Magetan, Komandan dan Anggota Secata Rindam V Brawijaya Magetan serta Pengurus PMI Kabupaten/Kota Se Jawa Timur.

Acara Jumbara PMR IX PMI Tingkat Provinsi Jawa Timur dibuka oleh Imam Utomo Ketua PMI Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 dalam sambutannya menyampaikan ” bahwa, Jumbara PMR ini Jumbara ke sembilan kali. Tujuan Jumbara adalah untuk mengevaluasi proses pembinaan PMR, terutama dalam hal pelatihan, pelaksanaan Tri Bakti PMR, dan pengembangan kapasitas.

“ Melalui Jumbara PMR VI ini diharapkan peserta Jumbara yaitu anggota PMR dapat menjadi model/contoh (peer ledership), memberikan dukungan (peer support), serta menjadi pendidik sebaya (peer educator) dalam upaya meningkatkan ketrampilan hidup sehat antar remaja. pendekatan Youth Centre, yaitu PMI Kabupaten/Kota sebagai pusat pembinaan dan pengembangan PMR yang dibantu oleh para relawan PMI sebagai salah satu strategi pembinaan berkelanjutan, sebagaimana Kebijakan PMI dan federasi tentang pembinaan Remaja bahwa; Remaja merupakan prioritas pembinaan, baik dalam keanggotaan maupun kegiatan kepalangmerahan, Remaja berperan penting dalam pengembangan kegiatan kepalangmerahan, Remaja berperan penting dalam perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan proses pengambilan keputusan untuk kegiatan PMI, Remaja adalah kader relawan, Remaja calon pemimpin PMI pada masa depan” Tambah Imam Utomo.

Edi Purwinarto Ketua Panitia kepada CERITARELAWAN.id mengatakan “ bahwa,  tujuan acara Jumbara ini untuk mengevaluasi materi yang sudah diserap oleh anggota PMR yang ada di Provinsi Jawa Timur, acara  di ikuti oleh 1800 orang peserta kontingen Wira, Madya, Mula, Pendamping dan Pengurus PMI Kabupaten/Kota,  

Materi PMR yang dievaluasi,  Materi Traveling Pokok Gerakan Kepalangmerahan, Kepemimpinan, Sanitasi Kesehatan, Donor Darah Siswa, Kesehatan Remaja, Pertolongan Pertama, Kesiapsiagaan Bencana, serta materi pendukung yang lain.
Setelah Pembukaan siang peserta Jumbara ke IX mengikuti kegiatan parade budaya yang dimulai start dari lapangan Secata-Jl.Pahlawan-Jl.Panglima Sudirman-Jembatan Gandong 1-Jl.Basuki Rahmat dan finish di depan Pendopo Surya Graha Magetan.
“Setelah kegiatan parade budaya masih ada kegiatan pentas seni oleh para peserta Jumbara, jadi peserta akan menampilkan kesenian dari daerahnya masing-masing. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Gor Ki Mageti pada tanggal 24 s/d 28 juni 2019 pukul 15.00 s/d 23.00 WIB dan dibuka gratis untuk umum.”ungkapnya.
Nampak sekali antusias masyarakat Magetan untuk menyaksikan  parade budaya dalam rangka Jumbara ke IX PMR PMI . Demi keamanan dan kelancaran lalu lintas selama acara berlangsung, pihak kepolisian mensiagakan anggotanya di sepanjang jalur parade budaya.

H. Muhammad Muas SH. Pengurus PMI Pusat Bidang Relawan menambahkan” dengan adanya Jumbara ini semua anggota PMR yang ada di Jawa Timur bisa untuk membantu menyebarluaskan dan mendorong aplikasi secara konsisten Prinsip-prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, melaksanakan kesiapsiagaan di dalam penanggulangan bencana yang berbasis masyarakat, memberikan bantuan dalam bidang kesehatan yang berbasis masyarakat, berperan aktif dalam penanggulangan bahaya HIV / AIDS dan penyalahgunaan NAFZA, serta menggerakkan generasi muda dan masyarakat dalam tugas-tugas kemanusiaan. Serta dapat mengamalkan Tri Bhakti PMR.( Cak Amin /CERITARELAWAN.id)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata