Lebaran 2019, PMI Siagakan 10.587 Relawan


CERITARELAWAN.idDalam rangka membantu arus mudik dan balik lebaran 2019, Palang Merah Indonesia (PMI) membuka sedikitnya 591 titik pos pertolongan pertama (PP) dengan mengerahkan 10.587 relawan termasuk dokter dan paramedis dan 393 unit ambulans dimulai dari H-7 dan H+7.


Ginandjar Kartasasmita Pelaksana harian (Plh) Ketua Umum PMI,  pada saat menggelar Apel Siaga Lebaran 2019 di halaman Markas Pusat PMI pada Rabu (29/05) mrnyampaikan " Tim Pos PP PMI bertugas memberikan pelayanan di berbagai tempat keramaian di sepanjang pantura, terminal bus, stasiun kereta, pelabuhan laut, pusat rekreasi atau kawasan wisata, yang banyak dikunjungi oleh masyarakat saat Lebaran ini.





Selain Pos PP dan Ambulans, PMI juga menyiagakan klinik serta Unit Transfusi Darah (UTD) yang ada di kabupaten/kota untuk mendukung arus mudik dan balik pada Lebaran 1440 H.

Masalah keselamatan di jalan raya juga menjadi salah satu tugas personel yang bertugas di wilayah arus mudik kali ini. Upaya sosialisasi keselamatan di jalan raya kepada seluruh pemudik khususnya untuk kendaraan pribadi dilakukan PMI di setiap pos PP, dengan berbagai media seperti stiker, leaflet, brosur serta kampanye melalui media sosial. tambah Ginanjar

Tahun ini PMI berbagi tips mudik yang aman, nyaman dan sehat,  dimana sebelum keberangkatan mudik, para petugas PMI akan membagikan PP Kit Personal kepada pemudik serta memeragakan layaknya pramugari tips mudik yang aman, nyaman dan sehat untuk membantu pemudik yang melakukan perjalanan dengan kereta api dan bus.

Masyarakat umum juga bisa mengunduh aplikasi pertolongan pertama (First Aid) PMI yang dapat diunduh secara gratis di Playstore.  Pungkas Ginanjar ( Cerita Relawan).