Kurangi Resiko Bencana PMI Jatim Adakan Lokakarya Pengurangan Resiko Bencana Perubahan Iklim & Lingkungan

MAGETAN. CERITARELAWAN.id - Kegiatan pengurangan risiko bencana (PRB) menjadi sangat penting untuk dilakukan mengingat masih banyak masyarakat yang hidup di daerah rawan bencana. Masyarakat yang tinggal di lokasi rawan bencana harus bisa mandiri dan mampu menyelamatkan dirinya tanpa perlu menunggu bantuan dari pemerintah.  
Oleh karenanya masyarakat perlu memahami dan sadar akan bahaya bencana dan dampaknya. Selain itu masyarakat perlu mendapat fasilitas yang dapat menunjang mereka menghadapi dampak bencana, seperti dana untuk mereka melakukan kegiatan PRB.
Dalam rangka ikut serta dalam pengurangan resiko bencana PMI Provinsi Jawa Timur saat pelaksanaan Jumbara IX Tahun 2019 yang bertempat di lapangan Secata Rindam V Magetan mengadakan lokakarya Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Perubahan Iklim dan Lingkungan yang diikuti oleh peserta Jumbara dari PMR Mula, PMR Mula, PMR Madya serta pembina pendamping dari PMI Kabupaten/Kota Se Jawa Timur  
Dijelaskan Amirul Yasin Fasilitator Materi PRB menyampaikan, PMR merupakan satu kader calon relawan PMI mempunyai tugas dalam membantu dalam membantu dalam pengurangan resiko bencana dengan mensosialisasikan kepada masyarakat atau sekolah mengenai perilaku PRB agar mampu mengurangi resiko/ dampak bencana secara mandiri. 
Dengan memahami bencana dan ancamannya, mampu mengelola lingkungan, serta sadar untuk melakukan kegiatan PRB, maka melalui kegiatan lokakarya ini PMR bisa menjadi contoh perilaku PRB demi mewujudkan masyarakat yang tangguh terhadap bencana. pungkas Yasin (Cak Amin / CERITARELAWAN.id)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata