Pengurus PMI Jatim Tinjau Pos PP & Ambulans Lebaran 2019


Jombang. CERITARELAWAN.id - Dalam rangka menyambut Lebaran hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H yang jatuh pada tanggal 5 - 6 Juni 2019, PMI Kabupaten / Kota di Jawa Timur mendirikan Posko Pertolongan Pertama (PP) dan ambulans. 

Posko PP & Ambulans didirikan di terminal bus, bandara udara, pelabuhan, stasiun kereta api serta tempat - tempat rawan kecelakaan, guna menolong para pemudik yang akan pulang kampung jika mengalami kendala dengan kesehatan. 

Guna memastikan kesiapan petugas Pos PMI, Pengurus Palang Merah Indonesia ( PMI ) Provinsi Jawa Timur hari ini senin, (3/6/2019) meninjau ke beberapa Pos PMI siaga Lebaran 2019 yang ada di Kabupaten / Kota di Provinsi Jawa Timur.

DR. Edi Purwinarto, M.Si. Sekretaris PMI Provinsi Jawa Timur kepada CERITARELAWAN.id menyampaikan Palang Merah Indonesia (PMI) pusat untuk Lebaran 2019 ini membuka sedikitnya 591 titik pos pertolongan pertama (PP) dengan mengerahkan 10.587 relawan termasuk dokter dan paramedis dan 393 unit ambulans dimulai dari H-7 dan H+7. 

Untuk POS PMI di Wilayah Provinsi Jawa Timur sudah mulai berdiri sejak tanggal 29 mei 2019 dan akan berakhir sampai hingga 10 Juni 2019. Pos PMI bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Kepolosian, DLLAJR serta instansi terkait seperti Pos PMI yang kita tinjau hari ini senin, (3/6/2019) yaitu Pos PMI Kota Pasuruan dan Pos PMI Kabupaten Jombang.

Tujuan Peninjauan Posko PP ini dilakukan guna melihat kesiapan baik dari Petugas Posko PMI saat bertugas, petugas yang di tugaskan sesuai dengan spesialisasi dilapangan tidak dan perlengkapan yang tersedia di posko. Kalau petugasnya mumpuni dan perlengkapannya ada akan lebih mudah memberikan pelayanan pada pemudik yang membutuhkan pertolongan. Ini terbukti saat peninjauan secara mendadak dan akan dilakukan tiap tahunnya. 

Saya berharap PMI - PMI yang lain di Jawa Timur juga seperti mereka mendirikan tenda Posko PP lebaran sendiri lengkap dengan personil dan perlengkapannya di tahun yang akan datang. 

Semoga dengan adanya Pos PMI ini bila ada pemudik mengalami kesehatan terganggu baik itu kelelahan, cek tekanan darah naik maupun turun pemudik bisa singgah di posko - posko kesehatan PMI untuk beristirahat memulihkan kesehatan, maupun jika mengalami kecelakaan dalam perjalanan menuju kampung halamannya juga bisa meminta pertolongan pada PMI yang ada disekitar lokasi untuk diberikan pertolongan pertama. Tambah Edi

Sofyan Koordinator Pos PMI Kota Pasuruan saat dikunjugi Pengurus PMI Jawa Timur mengungkapkan  untuk lebaran tahun 2019 ini semoga tidak ada pasien yang mendapatkan pertolongan pertama karena kecelakaan seperti di tahun sebelumnya, misalnya karena menghindari lubang di jalan, eh malah jatuh dan di sekitar tidak ada posko PP nya PMI. Inilah gunanya adanya posko PMI memberikan pertolongan pertama pada pemudik.

Sementara itu Hartaji Staf PMI Kabupaten Jombang saat ditemui di Pos PMI menyampaikan untuk PMI Kabupaten Jombang baru pertama kali nya mendirikan tenda posko PP Lebaran yang berada di Jembatan Ploso dan jl. Raya Kayen, Tegalsari, Bandarkedungmulyo perbatasan Jombang, Nganjuk dan Kediri ini mendapatkan sambutan baik dari Puskesmas Bandarkedungmulyo hingga menjadikan puskesmas tersebut tempat rujukan. Dari sinilah semangat PMI mulai bertambah selain memiliki relawan yang mumpuni dibidang pertolongan pertama dan perlengkapan juga ada".(priska PMI Jatim - Cak Amin / Cerita Relawan)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
BERITA MENARIK LAINNYA
close