3.000 Peserta Semarakkan Karnaval Bersih Desa Grogol Sawoo Ponorogo - CERITARELAWAN.id



PONOROGO.CERITARELAWAN.id - Untuk melaksanakan program tahunan bersih desa warga ikuti Karnaval Bersih Desa Grogol Sawoo Ponorogo yang dilaksanakan hari rabu, (10/7/2019).

Salah Satu Korlap Karnaval Imam Nafsur, S.Pd. kepada CERITARELAWAN.id  menjelaskan, peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berasal dari 20 instansi mulai dari TK sampai Tingkat SMA/MA  yang berada di Desa Grogol. 


Tidak ketinggalan dari Umum juga ada, salah  satunya Dari Karang Taruna OPTIMIS Organisasi Pemuda Tunas Insan Mingging Selatan Grogol Sawoo. Agar meriah, panitia memang tidak membatasi jumlah peserta yang ikut berpartisipasi. Tak heran jika masing-masing  mengerahkan semua warganya.

”Peserta kirab memang hampir sekitar 3.000-an. Dan peserta yang mengikuti sesuai tema yang ada di setiap instansi nya.


Digelarnya kirab budaya Karnaval Bersih Desa Grogol tersebut diharapkan dapat mempererat persatuan warga Desa Grogol Kec. Sawoo, Kab. Ponorogo yang semakin guyup dan rukun. ”Kita rutin setiap setahun sekali mengadakan seperti ini" tutur Imam.


Tak hanya ingin membangkitkan kepedulian masyarakat pada budaya lokal, kegiatan itu juga sebagai ungkapan rasa syukur warga Desa Grogol terhadap berkah Tuhan. Harapannya, agar warga Desa semakin guyub rukun, makmur dan sejahtera.



Selain karnaval ada juga pengajian umum dan puncaknya pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan  Dalang Ki Sungondrong dari Tulungagung. Tambah Imam.

Jalu Prasetyo Kepala Desa Grogol mengungkapkan rasa bangganya Kepada warga masyarakat Grogol yang sangat antusias dengan adanya Karnaval Bersih Desa Grogol Tahun ini. 


Lebih lanjut, dia mengungkapkan, hal yang membedakan Karnaval Bersih Desa Grogol kali ini dengan yang sebelumnya adalah partisipasi masyarakat yang luar biasa. Setiap wilayah di Desa Grogol malah juga memiliki agenda masing-masing, akan tetapi tema besarnya tetap mengacu pada bersatunya warga Grogol.


Harapan saya setelah Pilkades Desa Grogol tetap Guyub Rukun. Tahun ini ada yang unik lagi yaitu Malam Puncak Bersih Desa Grogol selain Pagelaran Wayang Kulit akan ada sajian 4000 pincuk nasi pecel yang disuguhkan untuk masyarakat Desa Grogol dan Penonton Penggemar Setia Wayang Kulit. Pungkasnya (Cak Amin CERITARELAWAN.id)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. Menyajikan News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial dan Wisata