Badan POM & 12 UTD PMI Gelar Forum Komunikasi Lintas Sektor Percepatan Sertifikasi CPOB - CERITARELAWAN.id


JAKARTA. CERITARELAWAN.id - Badan POM kembali selenggarakan pertemuan sebagai upaya percepatan sertifikasi ditahun 2019 CPOB UTD PMI dalam rangka penyiapan plasma yang berkualitas sebagai bahan baku fraksionasi plasma, Senin (09/07/2019). 


Pertemuan “Forum Komunikasi Lintas Sektor Dalam Rangka Percepatan Sertifikasi CPOB UTD” tahun ini setidaknya 12 Unit Transfusi Darah (UTD) PMI di prioritas untuk melakukan sertifikasi CPOB, diantaranya UTD PMI Kota Padang, UTD PMI Kota Pekanbaru, UTD PMI Kab. Sidoarjo, UTD PMI Kota Makasar, UTD PMI Kab. Banyumas, UTD PMI Kab. Cirebon, UTD PMI Kab. Bekasi, UTD PMI Kota Malang, UTD PMI Kab. Jember, UTD PMI Kab. Lumajang, UTD PMI Kota Tangerang dan UTD PMI Prov. Bali.


Direktur Pengawasan Produksi Obat, Narkotika, Psikotropika dan Prekursor, Dra. Rita Endang, Apt., M.Kes memaparkan peran Badan POM dalam percepatan pelayanan publik guna mewujudkan kemandirian dan pengembangan produksi bahan baku obat, obat, dan alat kesehatan untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri.


Unit transfusi darah (UTD) menjadi sangat penting dengan adanya program pemerintah mendirikan pusat fraksionisasi plasma nasional. Di Indonesia lebihan komponen plasma yang melimpah direncanakan untuk dibuat menjadi produk plasma yang dapat digunakan dalam pemenuhan kebutuhan baik di dalam negeri maupun memenuhi kebutuhan negara-negara berkembang lainnya.


Peserta forum juga mengunjungi Laboratorium UTD PMI Provinsi DKI Jakarta yang telah memperoleh sertifikat CPOB sejak tahun 2017 lalu. Kunjungan ini guna memberi gambaran proses pengolahan dan pelayanan darah di UTD bagi para peserta.
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata