Dengan BOCA, PMI Kota Tangerang Siap Dinilai


CERITARELAWAN.id, TANGERANG - Penilaian kapasitas organisasi atau yang biasa disebut  Branch Organisational Capacity Assessment (BOCA) dilakukan PMI Provinsi Banten kepada PMI di tingkat Kab/Kota.

“Dari 7 PMI Kab/Kota yang ada di Banten, PMI Kota Tangerang salah satu PMI yang melaksanakan Penilaian Kapasitas Organisasi Branch Organisation Capacity Assesment ( BOCA )” kata wakil ketua Pengembangan Kapasitas SDM dan Organisasi PMI Kota Tangerang, Ibrohim, S.Sos. Rabu, 24/07/19.

Ungkapnya, penilaian ini dilaksanakan selama dua hari yakni Rabu, (24/7) hingga kamis, (25/7). Adapun bentuk penilaiannya yakni kesiapan dan kapasitas organisasi (PMI) mulai dari pengurus, staff, peralatan, pelayanan, relawan dan lain-lain.


Selain itu, juga dinilai dari cerminan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan serta jumlah berita positif dan negatif terkait kegiatan PMI di daerah khususnya PMI Kota Tangerang.

Peran media dalam penilaian kapasitas PMI pun mempengaruhi karena ada beberapa cabang PMI di daerah yang tertutup. Tetapi, pihaknya juga membutuhkan berita negatif (kritik) dari media terkait kinerja relawan maupun petugas PMI.

” Untuk di Provinsi Banten, cabang PMI yang sudah melakukan BOCA sebanyak 7 PMI tingkat kab/kota. Sementara untuk jumlah totalnya di tingkat Provinsi Banten sebantak 140 orang tambahnya”.


Di sisi lain, ibrohim mengatakan setelah ditetapkannya Undang-Undang tentang Kepalangmerahan, PMI diberikan delapan mandat oleh pemerintah khususnya dalam hal kemanusiaan. Sehingga dengan dilaksanakan penilaian ini bisa diketahui sejauh mana kesiapan PMI di daerah untuk melaksanakan mandat dari pemerintah tersebut.

Sementara, wakil Ketua Bidang Organisasi PMI Provinsi Banten H. Hidayat Djohari mengatakan dengan adanya BOCA tersebut pihaknya bisa mengetahui sejauh mana kesiapan PMI Kab/Kota untuk melaksanakan berbagai tugas yang tidak hanya berkaitan dengan kemanusiaan saja. Tetapi, konservasi alam dan berbagai perlindungan lainnya.


“Sejauh ini PMI Kab/Kota sudah melaksanakan berbagai tugasnya, apalagi di saat terjadinya bencana baik dari masa tanggap darurat bencana maupun masa pasca bencana dan Provinsi Banten juga merupakan daerah rawan bencana sehingga perlu kesiapan baik dalam antisipasi, pencegahan dan jumlah personel bertugas yang dilengkapi sarana dan prasarana,” katanya.(Ade Kurniawan PMI Kota Tangerang / Cak Amin CERITARELAWAN)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata