Mukernas Regional IV UDD PMI Digelar di Lombok Barat


MATARAM. CERITARELAWAN.id - Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia Regional IV di gelar di Hotel Aruna Senggigi kabupaten Lombok Barat Nusa Tenggara barat yang akan dilaksanakan pada hari jumat - sabtu (05-06/07/2019).

Mukernas dibuka oleh Bupati H. Fauzan Khalid.S.Ag.M.Si Bupati Lombok Barat di hadiri oleh 98 orang peserta (48 Dokter UDD PMI dan 50 pengurus PMI) dari empat PMI Provinsi yang tergabung dalam UDD PMI regional IV. Yakni Provinsi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Hadir di antara 98 peserta tersebut.

Rudi Razak perwakilan Pengurus PMI Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada para peserta mukernas, serta mengharapkan para peserta untuk tidak cepat- cepat pulang.

“ Selamat datang di Pulau Lombok,dan kami harapkan kepada para peserta mukernas untuk jangan cepat-cepat pulang,  karena kami mempunyai program 100 Desa wisata,”ujarnya mempromosikan destinasi wisata yang ada di Pulau Lombok.Tak lupa Pula, Razak menyampaikan permohonan maaf  Ketua PMI NTB  yang tidak bisa hadir pada acara Mukernas ini.

H. Fauzan Khalid.S.Ag.M.Si  Bupati Lombok Barat saat sambutan memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada PMI seluruh Indonesia yang telah membantu dalam penanganan pasca gempa Lombok.

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Lombok Barat sekaligus Ketua Palang Merah Indonesia Kabupaten Lombok Barat dalam kesempatan ini menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisifasi dan peran serta semua rekan-rekan PMI seluruh Indonesia.Karena telah membantu kami dalam penanganan musibah gempa.Bantuan rekan-rekan di rasakan sangat bermanfaat,dan bahkan yang paling nyata saya lihat,adalah bantuan PMI,"kata Bupati Fauzan Khalid.
Dalama kesempatan tersebut ,beliau juga menyinggung  kegaiatn UDD PMI Lombok Barat yang telah berjalan dengan baik. 



“Alhamdulillah,UDD PMI Lombok Barat dapat berjalan dengan baik, tentunya ini juga atas support rekan-rekan PMI  dan Unit Donor Darah," Lanjut Fauzan.

Selain itu,Bupati yang baru saja di lantik ini menyebutkan tentang penurunan angka pendonor darah yang  di tangani unit donor, serta bertekad untuk melakukan gerakan donor darah missal pada Bulan Agustus 2019 nanti.

“Pada tahun 2017, jumlah pendonor melalui UDD PMI Lombok Barat 28.149 orang pendonor. Tahun 2018 sebanyak 28.189 pendonor, Dan Tahun 2019 sampai saat ini terdapat 10.895 orang pendonor. Ada penurunan, dan ini tidak terlepas dari situasi dan kondisi pasca gempa," tambah fauzan.

"Mohon doanya Insaallah menyambut 17 Agustus mendatang, akan mengadakan donor darah massal dengan taget 1500 orang pendonor, untuk kegiatan ini kami sudah beberapa kali rapat dengan rekan-rekan PMI Kabupaten Lombok Barat, PMI Provinsi NTB, semoga rencana ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Selain itu fauzan menyebutkan pengalaman pada tahun sebelumnya,dimana  banyak terdapat pendonor yang  terkendala masalah kesehatan.

“ Kami belajar dari pengalaman pada Tahun 2016 lalu, Lombok Barat pernah mengadakan donor darah dalam rangka Hut Kabupaten Lombok Barat dengan target 1000 pendonor.Akan tetapi, hanya 600 pendonor yang bisa mendonorkan darahnya, Padahal pada waktu itu, yang hadir lebih dari 1.500 orang yang ingin ikut mendonor, tetapi yang memenuhi syarat kesehatan hanya 600 orang,”jelasnya panjang lebar pada acara mukernas yang berlangsung selama 2 hari tersebut.

“Dari pengalaman itu pula, banyak sebenarnya yang berkontribusi besar terhadap ketersediaan darah di UDD PMI Kabupaten Lombok Barat yang secara tetap menyumbangkan darahnya.Dan ini bisa kita sebarkan ke instansi-instansi lain dan personal-personal lain.Karena  kalau kita sosialisasikan,kalau kita sebarkan, manfaat melakukan donor darah,tidak hanya konteksnya untuk kemanusiaan, tetapi juga manfaatnya kepada personal orang yang mendonorkan darahnya.

“Ke depan UDD PMI Lombok Barat ingin memperbaiki pelayanan dari sisi kuantitas maupun kualitas.Ini sangat sesuai dengan Tema pertemuan kali ini,Penguatan jejaring informasi antara UDD PMI untuk peningkatan kuantitas dan kualitas pelayanan darah,” pungkas H.Fauzan Khalid. (Mardiansyah PMI Lombok Barat / Cak Amin CERITARELAWAN.id)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata