Belajar Sejarah, PMI Kota Tangerang Kunjungi Pameran Foto di Museum Juang TMP Taruna - CERITARELAWAN.id


CERITARELAWAN.id, TANGERANG - Markas Besar Palang Merah Indonesia (PMI) mengajak sejumlah pihak peka terhadap isu kemanusiaan bangsa. Upaya mengasah kepekaan ini diantaranya dengan mengamati sejarah PMI. 

Hal itu terungkap saat PMI mengunjungi Pameran Foto Bingkai Persatuan di Museum Juang Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, Sukasih, Kota Tangerang, Senin (12/8/2019).

Sebanyak lima arsip foto Mabes PMI yang dipamerkan dalam kesempatan tersebut dinilai mampu menggugah rasa kemanusiaan masyarakat. 

Humas Mabes PMI, Indra Yogasara mengatakan, sejumlah arsip tersebut menggambarkan perjuangan PMI dalam mencapai dan mempertahankan kemerdekaan.

"Itu menggambarkan peran serta PMI dalam perjuangan kemerdekaan tahun 46, 50, PMI bersama pemerintah berjuang membantu dalam sisi lain. 

Kalau tentara itu berjuang merebut kemerdekaan, kalau kita berjuang untuk kemanusiaan, menolong pejuang yang terluka maupun rakyat yang terluka," kata Indra di ruang Pameran Bingkai Persatuan.

Indra berharap, publikasi arsip yang digalang Komunitas Taman Potret (Kotret) bersama PMI Kota Tangerang ini dapat berlanjut guna menggugah kepekaan generasi muda.

"Tujuan kita untuk membangun rasa kemanusiaan di bangsa ini juga tercapai, teman-teman generasi muda juga peduli dengan kemanusiaan, turut serta juga membantu sesama bersama PMI untuk membantu masyarakat yang membutuhkan di medan bencana, konflik dan sebagainya," ujarnya.

Senada, Ketua Pelaksana Pameran Foto Bingkai Persatuan, Dennys Suprihatin mengatakan, arsip PMI yang dipamerkan tersebut dapat memperkuat wawasan kebangsaan masyarakat. Seperti juga foto lain yang menggambarkan persatuan bangsa.

"Beragam latar belakang, berbeda profesi, semua punya peran persatuan. PMI dengan aktifitas kemanusiaannya, pewarta dengan lensa atau penanya punya tanggung jawab persatuan," katanya.

Sebanyak 43 foto termasuk lima arsip PMI dipamerkan hingga 18 Agustus di Museum Juang TMP Taruna. Pameran yang didukung Sinarmas Land dan PT Angkasa Pura 2  Bandara Soekarno-Hatta ini dibuka untuk umum. (Ade Kurniawan PMI Kota Tangerang / Cak Amin CERITARELAWAN.id)
Next Post Previous Post