PMI Resmikan Program SPLASH Dukungan Mitsubishi di NTB


CERITARELAWAN.id, NUSA TENGGARA BARAT - Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar hari ini adakan Peresmian program untuk mempromosikan keselamatan dan kebersihan untuk anak-anak sekolah bernama SPLASH (School Promoting and Learning about Safety and Hygiene). 

Peresmian program ini dilakukan oleh Plh Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita dan President Director Mitsubishi Corporation, Mr. Takuji Konzo di Markas PMI NTB, Kamis (29/8/2019). 

SPLASH merupakan salah satu program unggulan PMI dimana dalam program tersebut kami memberikan edukasi mengenai kesiapsiagaan bencana dan prilaku hidup bersih dan sehat dengan target anak-anak sekolah.


Harapannya dengan program ini dapat membangun ketangguhan anak-anak terhadap bencana dan kesehatan,” Terang GK.

Program SPLASH menargetkan siswa siswi dari 12 sekolah yang ada di Kabupaten Lombok utara dan Kabupaten Lombok Timur sebagai penerima manfaat program ini. 

Keseluruhan sekolah ini adalah SMAN 1 Bayan, SMAN 1 Kayangan, SMP 2 SATAP Kayangan, SMPN 2 Gangga, SDN 2 Gumantar dan MA Pondok Pesantren Darul Iman di Kabupaten Lombok Utara, serta  SMPN 3 Sambelia, SDN 3 Sugian, SDN 3 Labuan Pandan, SMPN 1 Montong Gading, SD Islam Melempo dan MA Darul Mutaqqien NW Perian di Kabupaten Lombok Timur. 

Acara peresmian program SPLASH ini juga turut dihadiri oleh Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB Rusman, S.H., MH., dan perwakilan dari masing-masing sekolah sasaran program.


Program ini akan berlangsung selama 5 bulan, terhitung sejak September 2019 hingga Januari 2020. 

Selama program berlangsung, para murid sekolah penerima manfaat program akan mendapatkan pengetahuan serta melakukan kegiatan pengurangan risiko bencana (PRB), menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dan mendapatkan pengalaman menjadi peer educator di sekolah melalui aktivitas Palang Merah Remaja.

“Melalui program ini, para siswa-siswi yang terlibat dalam kegiatan ini dapat mengimplementasikan dan menyebarkan cara hidup sehat untuk diri sendiri maupun di lingkungan sekolah serta memahami langkah-langkah menghadapi bencana, salah satunya gempa bumi, yang masih kerap terjadi di Lombok” terang Ginandjar dalam sambutannya. 

Melalui program ini, Mitshubishi Corporation juga mendukung perbaikan sarana sanitasi dan penunjang kesehatan sekolah, seperti perbaikan toilet, sarana cuci tangan, tempat atau bank sampah, saluran pembuangan, sumber air, dan perlengkapan unit kesehatan sekolah.  

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi; Ir. Rudy Razak CES, HP. 0813 5352 2727 Koordinator HUMAS PMI NTB (Cak Amin CERITARELAWAN.id)

CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. Menyajikan News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial dan Wisata