PMI Kota Tangerang Bekali Materi Pertolongan Pertama Pelajar SD di Kecamatan Karang Tengah - CERITARELAWAN.id


CERITARELAWAN.id, TANGERANG  - Puskesmas Karang Tengah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang hari selasa,(06/08/2019) adakan pelatihan dokter kecil bagi sejumlah pelajar sekolah dasar (SD) di Kecamatan Karang Tengah.


"Pelatihan dokter kecil ini merupakan salah satu program kerja yang ada di dinas kesehatan dan bertujuan untuk melatih siswa agar bisa menjadi dokter kecil disekolah mereka, sehingga siswa tersebut bisa menangani insiden kecil yang terjadi disekolah. seperti luka kecil, lemas dll.

Dias Kapita Jayanti selaku Fasilitator PMI Kota Tangerang CERITARELAWAN.id mengatakan Dalam kegiatan yang digelar di puskesmas Karang Tengah itu, PMI memberikan berbagai materi kepada para peserta pelatihan seperti pembalutan luka, luka lecet, serta pengangkatan korban pingsan.


"Materi-materi sederhana tersebut kami harapkan dapat mengajarkan para peserta untuk minimal dapat memberi pertolongan pertama pada kecelakaan -kecelakaan kecil yang dapat terjadi di lingkungan sekolah," ucap Dias.

Selain itu menurut dr. Rita Dianaratih selaku kordinator Puskesmas Karang Tengah mengatakan tujuan pelatihan Dokcil agar peserta dapat melakukan pertolongan pertama, pihaknya juga mengharapkan siswa dapat membatu temannya disaat terluka dan juga bisa mengajarkan teman-temannya dalam melakukan pertolongan.

Untuk itu tidak hanya diberikan materi secara teori, dalam kesempatan tersebut PMI juga mengajak para peserta untuk melakukan praktek cara menggunakan masker, sarung tangan, pengangkatan korban dan menutup luka dengan benar. Pungkasnya. (Ade Kurniawan PMI Tangerang / Cak Amin CERITARELAWAN.id)
Next Post Previous Post