Relawan PMI dari 3 Kecamatan di Kota Tangerang Peduli Bencana Kabut Asap Riau & Kalimantan


CERITARELAWAN.id, TANGERANG - Dampak kemarau berkepanjangan semakin dirasakan masyarakat Indonesia. Kali ini kemarau berkepanjangan menyebabkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Akibatnya, sebagian Sumatera, dan Kalimantan, tertutup kabut asap. total 328.772 hektare lahan yang terbakar, tersebar 2.312 titik api. Sebanyak lebih dari 30 juta jiwa terdampak kabut asap.

Kebakaran serta bencana asap ini menarik perhatian masyarakat, tidak terkecuali warga yang tinggal di Kota Tangerang. 

Bertepatan dengan hari tanpa kendaraan bermotor (CFD) di sekitar kp. Teko (kel. Belendung) kami menggalang dana untuk warga yang terdampak kabut asap.

Sebanyak dari tiga kecamatan yang tergabung dalam Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) PMI Kecamatan Benda, Batuceper dan Neglasari turun ke jalan di acara car free day kp. Teko Kelurahan Belendung Kota Tangerang aksi galang dana peduli korban bencana kabut asap untuk Riau dan Kalimantan. 

Hal ini mereka lakukan mengingat sudah lebih sepekan kabut asap menyelimuti Provinsi Kalimantan Tengah, tepatnya di kota Palangkaraya dan Provinsi Riau.

Koordinator relawan daribSibat PMI Kecamatan Benda Ahmad Suhairi menyampaikan kegiatan pengumpulan donasi akan dilakukan dibeberapa titik diwilayah Kec. Benda lokasi d CFD kp. Teko (kel. Belendung), Kec. Neglasari lokasi di M 1 / arah bandara, Kec. Batu Ceper lokasi di Stasiun Poris (Kel. Poris Gaga).

“Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias memberikan donasi mereka” Tutur Ahmad Suhairi, Minggu (22/9/2019).

Hasbullah, S. Pd Ketua PMI Kecamatan Benda menyampaikan, “bahwa Selain melakukan aksi galang dana, teman-teman relawan SIBAT juga melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemberian air mineral gratis bagi masyarakat yang mengikuti acara car free day di blok Teko Kelurahan Belendung.

Kegiatan ini merupakan upaya menggerakan masyarakat untuk selalu memperhatikan kebersihan dan kesehatan diri, keluarga dan lingkungan.


Hasbullah juga berharap terkait dengan bencana kabut asap di kota Palangkaraya dan Provinsi Riau pemangku kepentingan dapat merumuskan solusi agar kabut asap yang notabene berasal dari kebakaran hutan dan lahan tak jadi peristiwa musiman. 

Sebab selain dampak asap yang merusak tubuh, kebakaran juga mendegradasi hutan sebagai paru paru dunia.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada masayarakat Belendung atas peran sertanya mengambil bagian dari kegiatan sosial kemanusiaan ini dengan sukarela memberikan donasinya.

Tak lupa juga kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) baik dari Benda, Batuceper dan Neglasari serta adik-adik PMR dari SMK Excellent 1 Tangerang dan SMK Kesehatan Mutiara Insani karena telah peduli dengan saudara-saudara kita di Kalimantan dan Riau yang sedang mengalami musibah.” tutup Hasbullah.
Next Post Previous Post