Kurangi Resiko, PMI NTB Bentuk SIBAT di 6 Kabupaten


CERITARELAWAN.id, NUSA TENGGARA BARAT - Palang Merah Indonesia (PMI) Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan pembentukan kelompok SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) untuk beberapa Kabupaten yang terdampak gempa 2 tahun yang lalu.

Abdul Majid pendamping PRB Pusat untuk NTB jumat, (18/10/2019) kepada CERITARELAWAN.id mengatakan pembentukan SIBAT ada dibeberapa Kabupaten diantaranya  di Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Sumbawa barat dan Kabupaten Sumbawa Besar.

Ia mengungkapkan kegiatan ini dilakukan sebagai langkah awal setiap Kabupaten diwakili 24 orang masyarakat dari setiap desa yang menjadi target SIBAT dan 6 orang dari KSR sebagai pendamping. 

Kegiatan kegiatan yang akan dilakukan setelah pembentukan kelompok SIBAT ini adalah pelaksanaan VCA (Vulnerability Capacity Assesment) terkait metode baseline survey, Pemetaan  dan PRA (Participatori Rural Apracial) yang bertujuan untuk menganaslisa kapasitas dan kerentanan yang ada di Desa masing-masing selama 5 hari untuk setiap Desa. 

Pelatihan SIBAT akan dilakukan setelah menganalisa hasil VCA yang sudah dilakukan untuk mendukung kegiatan-kegiatan sektoral PMI  wash, shelter,  dan layanan kesehatan.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mengurangi risiko bencana dengan melibatkan partisipasi aktif terutama masyarakat. (Nurul Izzati PMI NTB / Cak Amin CERITARELAWAN.id)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
BACA JUGA
close