Melalui Jumbara PMR ke 4, PMI Sumut Bangun Karakter Calon Relawan Masa Depan


CERITARELAWAN.id, SUMATERA UTARA - Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) ke-4  Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Sumut di Kisaran Kab. Asahan, dapat membangun karakter pemuda dalam berperan serta dalam membangun Indonesia di bidang kemanusiaan.

Bupati Asahan H Surya B.Sc, dalam sambutannya saat pembukaan Jumbara ke-4 PMR Sumut di lapangan eks Batalyon 126/KC, Kisaran, Rabu (2/10) menjelaskan, Jumbara adalah bentuk pembinaan dan pengembangan berkesinambungan bagi generasi muda, yang dikemas untuk mempertemukan para relawan-relawan muda dari berbagai tingkat (SD, SLTP dan SLTA), bertujuan untuk bertukar pengalaman, memantau, dan mengevaluasi proses pembinaan yang selama ini berjalan.

 "Jumbara dilaksanakan mengikuti kebutuhan remaja yang di dalamnya terdapat berbagai pembinaan, mulai dari penguatan pengetahuan, serta keterampilan, sikap, serta pengetahuan rasa peduli terhadap sesama melalui bakti sosial," jelas Surya.

Sedangkan Ketua PMI Provinsi Sumut Rahmat Shah, berharap para relawan yang tergabung dalam PMR dapat menjaga kesehatan selama kegiatan ini berjalan, dan selalu berbuat kebaikan sekecil apapun, dan tidak miskin informasi dan silaturahmi.

"Kegiatan ini sangat positif, karena dapat membangun karakter generasi muda, sebagai penerus pembangunan. Semoga apa yang kita lakukan dapat membangun bangsa dan negara terutama dalam bidang kemanusiaan," jelas Rahmat Shah.

Sedangkan Asisten I Gubernur Sumut Jumsadi Damanik, menjelaskan Jumbara saling berbagi pengetahuan melalui perlombaan dan kegiatan kemanusiaan, sehingga dapat membina generasi muda dengan nilai agama dan Pancasila.
"Kegiatan ini sangat baik untuk para remaja, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dengan nilai agama dan Pancasila," jelas Damanik.

Jumbara diikuti 1.725 peserta dari 20 kabupaten/kota di Sumut, dan satu kontingen undangan dari Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh. Kegiatan  dimulai (1-6/10) 2019.(a15/a31)