Bermodal Semangat, PMI Kecamatan Benda Bentuk SIBAT PMI Kelurahan Belendung


CERITARELAWAN.id, Kota Tangerang- Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Benda sebagai mitra pemerintah akan terus berperan aktif dalam bidang sosial kemanusiaan dengan melibatkan masyarakat membentuk Tim Sibat PMI kelurahan Belendung. Tujuannya, agar upaya mitigasi atau pengurangan risiko bencana di wilayah setempat lebih optimal. (Jum’at, 22 November 2019)

Hasbullah, S. Pd Ketua PMI Kecamatan Benda kepada CERITARELAWAN.id menjelaskan Modal utama kami dalam membentuk sibat adalah semangat, karena Sibat adalah perwakilan dari masyarakat yang telah mendapatkan pelatihan dari PMI. 

Selama proses pelatihan, mereka mendapatkan materi dasar kebencanaan yang mengedepankan aspek mitigasi atau pengurangan risiko bencana serta pengelolaan dan penanganan.

Mereka juga telah dibekali dengan pengetahuan dasar tanggap bencana seperti pertolongan pertama, dapur umum, logistik, distribusi, pendataan, pemetaan hingga pertolongan pertama psikologis. 

Saat ini Tim Sibat telah dibentuk diKelurahan Belendung, untuk selanjutnya dalam waktu dekat akan kami bentuk Tim Sibat di Kelurahan Benda, Pajang, Jurumudi dan Jurumudi Baru. Ungkapnya


Iwan S. Pd Lurah Belendung  menyambut positif dibentuknya Tim Sibat di Kelurahan Belendung sebagai kelurahan  yang akan melaksanakan pilot project kesiapsiagaan menghadapi bencana.‘’ memang PMI disiapkan untuk bersama masyarakat melakukan upaya pengurangan resiko bencana,’’ kata dia.

Oleh karena itu, untuk mewujudkan program tersebut mari bekerja bersama-sama untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat akan kesiapsiagaan menghadapi bencana di wilayah Kelurahan Belendung. Terangnya.

“Babinkamtibmas Kelurahan Belendung A. Wiyono menambahkan Kami sangat senang dan selamat atas terbentuknya Tim Sibat PMI Kelurahan Belendung ini, selanjutnya  kita semua bisa berbuat untuk masyarakat,  melatih diri dan kelompok untuk sama-sama mengedukasi warga tentang banyak hal. Meliputi persoalan sosial, mitigasi bencana, keamanan dan kegiatan positif lainnya,”.


Sementara itu, Ketua Tim SIBAT Kelurahan Belendung Sopyan Hadi mengatakan akan terus berupaya maksimal dalam menjalankan program-program yang sudah dibuat, agar supaya pelayanan PMI Kecamatan Benda melalui Tim Sibat ini dapat dirasakan manfaatnya.
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
BACA JUGA
close