Latih Siswa Siaga, BPBD & PMI Cilegon Simulasikan Gempa Bumi di SKh Tri Dharma


CERITARELAWAN.id, CILEGON.- Sebagai upaya untuk dapat mengenalkan para siswa akan apa tindakan yang dilakukan pada saat terjadi gempa bumi, hari ini Selasa (05/11/2019) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon dampingi Sekolah Khusus (SKh) Tri Dharma dalam Simulasi Gempa Bumi.

"Kegiatan Simulasi Gempa Bumi ini merupakan langkah mitigasi yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan kewaspadaan tentang bahaya bencana alam bagi warga sekolah". Tutur Ketua PMI Kota Cilegon, H. Abdul Hakim Lubis

Lebih lanjut lubis menjelaskan, simulasi bencana harus sering dilakukan di sekolah untuk mendidik warga sekolah khususnya tentang bahaya bencana. Dengan adanya simulasi bencana, maka diharapkan bila bencana yang sebenarnya terjadi maka dapat menekan timbulnya korban  karena ada kesiapan dan kesiagaan yang sudah terbentuk. Tururnya.

Sementara itu, dihadapan para siswa Kadiv Organisasi PMI Kota Cilegon, Fetty Puspita menjelaskan dan memperagakan bagaimana cara terbaik untuk menyelamatkan diri, jika terjadi gempa. Salah satunya dengan menghindari benda atau bangunan yang berpotensi roboh.

"Jika terjadi gempa dan kita berada didalam gedung usahakan tidak panik, berlindung dibawa meja. Jika gempanya sdah berhenti usahakan keluar gedung menuju titik kumpul yang tersedia dengan menutup kepala dengan tas". Tutur Fetty

Dijelaskan juga, sebelum simulasi dimulai terlebih dahulu para siswa dan guru diberikan pengarahan. Katanya.***
Next Post Previous Post