PMI Tuan Rumah Pelatihan EVCA Tingkat Asia Pasifik


CERITARELAWAN.idSEMARANG - Palang Merah Indonesia (PMI) menjadi tuan rumah kegiatan Regional Asia Pasifik dalam pelaksanaan kegiatan Pelatihan untuk Pelatih mengenai Enhanced Vulnerability and Capacity Assessment (EVCA) atau penguatan penilaian kapasitas dan kerentanan.

"Pelatihan ini sangat penting dilakukan dalam hal melakukan asesmen kapasiitas dan kerentanan kepada masyarakat rentan, terlebih dengan melibatkan berbagai pihak agar hasil yang diperoleh dapat sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang memerlukan," ujar Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Pusat, Letjen (Purn) Sumarsono, pada saat membuka acara di Pusdiklat PMI Provinsi Jateng

Selain itu juga dijelaskan bahwa sebagai anggota dari perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah kita harus dapat memastikan pemenuhan kebutuhan masyarakat, dapat menghubungkan masyarakat serta dapat menemani masyarakat dikala membutuhkan.

Dijelaskannya, saat ini PMI diberi kepercayaan untuk menyelenggarakan kegiatan ini oleh Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah & Bulan Sabit Merah (IFRC) untuk Regional Asia Pasifik yang berkantor di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dalam kesempatan ini tidak kurang dari 25 orang peserta dari negara - negara di Asia dan Pasifik seperti :Indonesia, Maldives, Palau, Singapore, Malaysia, Hongkong, Myanmar, India, Mongolia, Sri Langka, Timor Leste, Thailand, Pakistan, Afghanistan dan Philipine.

Kegiatan ini berlangsung selama 10 hari yang akan terbagi menjadi 5 hari pelaksanaan di kelas dan sisa hari dilakukan asesmen di lapangan di tiga wilayah kelurahan di wilayah Kota Semarang.

Dalam acara pembukaan acara ini turut hadir dari perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang sekaligus anggota Pengurus PMI Provinsi Jawa Tengah, serta perwakilan dari Kepala IFRC Kantor Perwakilan Indonesia – Timor Leste Jan Gelfand dan Xavier Castellanos sebagai direktur IFRC Perwakilan wilayah Asia Pasifik. (Cak Amin CERITARELAWAN.id)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
BERITA MENARIK LAINNYA
close