Puluhan Rumah di Ponorogo Rusak Akibat Angin Kencang



CERITARELAWAN.id, PONOROGO – Perubahan iklim menjadikan masyarakat Ponorogo harus lebih waspada terhadap hujan dan angin kencang. Seperti halnya, kemarin senin, (25/11/2019) di wilayah Kecamatan Badegan, Ponorogo puluhan rumah warga rusak akibat terkena hujan angin. Hujan angin terjadi di sampung dan badegan, sehingga harus diantisipasi wilayah-wilayah yang lainnya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo, Setyo Budiono kepada CERITARELAWAN.id mengatakan ada kurang lebih 70 rumah terkena dampak dari hujan angin yang terjadi, senin sore kemarin. 

Dengan rincian, 2 rumah rusak berat, 65 rumah rusak ringan, dan 3 rumah rusak sedang. Pihaknya juga terus mengerahkan personil untuk mendata kejadian tersebut. Tadi malam sudah ada 6 anggota dibantu dengan relawan, perangkat desa, TNI/POLRI juga melakukan tinjauan secara langsung. 

Sedangkan pagi ini ada kurang lebih 10 anggota yang dikerahkan.

Hingga kini, untuk warga yang rumahnya terdampak cukup parah, saat ini mengungsi di rumah tetangga. Sedangkan untuk rumah rusak ringan langsung diperbaiki.

Budi menambahkan bahwa seiring terjadinya perubahan iklim ini harus lebih berhati-hati dan selalu mengantisipasi. Apalagi dengan pohon-pohon yang sekiranya besar dan cukup tua disekitar kita. Selalu waspada dengan wilayah yang rawan longsor. Dan selalu membersihkan saluran irigasi, sehingga ketika musim hujan tidak terjadi genangan air.(ca/CERITARELAWAN.id)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
BERITA MENARIK LAINNYA
close