PMI Kota Tangerang Kerahkan Relawan & Ambulans Jelang Nataru


CERITARELAWAN.id, Kota Tangerang - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang turut serta dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019. Proses pengamanan tersebut melibatkan armada ambulance dan relawan PMI yang akan ditempatkan di sejumlah posko.

“PMI Kota Tangerang selalu ambil bagian di hari besar keagamaan maupun nasional, termasuk pengamanan Natal dan Tahun Baru,” ujar Ketua PMI Kota Tangerang, Kuswarsa, S.Sos, Selasa (24/12/2019).

Kuswarsa mengungkapkan PMI akan membuka posko pelayanan di sejumlah Gereja dan titik padat keramaian masyarakat. Peran PMI yakni membantu aparat kepolisian dalam rangka pengamanan dan pelayanan pertolongan pertama (PP) kegawatdaruratan kecelakaan lalu lintas dan antisipasi siaga bencana.

Pasalnya, sudah menjadi tradisi pada libur Natal dan tahun baru akan banyak warga yang mudik dan berwisata.

“PMI juga akan mengerahkan dua armada mobile dan dua unit armada ambulans. Keberadaan sarana ini untuk pelayanan keliling siaga lakalantas dan bencana,” jelasnya.

“Setiap tim ini, sedikitnya terdiri dari lima personel sukarelawan PMI yang mempunyai kualifikasi pertolongan pertama medis. Tim tersebut akan dilengkapi dengan peralatan kedaruratan dan obat-obatan pertolongan pertama,” ujar Bang Kus yang juga anggota DPRD Provinsi Banten.

Kepala Biro Humas PMI Kota Tangerang, Ade Kurniawan menarangkan, untuk operasi keliling beroperasi pada 24 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 mendatang. Dalam pelaksanaanya di bawah koordinasi pihak kepolisiaan sebagai komando operasi dalam operasi Lilin 2019.

“Kami sudah berkoordinasi langsung dengan pihak kepolisian dalam hal ini satuan unit Lakalantas Polres Kota Tangerang,” tutup Ade.(ca)
Next Post Previous Post