Ratusan PMR di Ponorogo Ikuti Latgab Materi Siaga Bencana


CERITARELAWAN.id, PONOROGO - Untuk memperingati relawan PMI Tahun 2019 yang diperingati setiap tanggal 26 desember,  Ratusan siswa yang tergabung dalam ekstra Palang Merah Remaja dari Enam Belas Sekolah/ Madrasah Sekolah Tingkat Atas (SMA/SMK) di Kabupaten Ponorogo ikuti Latihan Gabungan tentang Kesiapsiagaan Bencana.

Yoga Muhammad Ali ketua panitia Latgab kepada CERITARELAWAN.id mengatakan acara dilaksanakan selama 2 hari yakni 25 - 26 Desember 2019 bertempat di SMPN 2 Kecamatan Sambit.




16 sekolah/madrasah tersebut antara lain dari SMAN 1 Sambit, SMK Kesehatan Bina Karya Medika, MAN 1 Ponorogo, MAN 2 Ponorogo, SMAN 1 Kauman, PMR WIRA PGRI 1 Ponorogo, MA Al Ishlah Bungkal, SMKN 1 Sawoo, SMKN 1 Jenangan, SMAN 1 Badegan, SMA Muhammadiyah 1, MA Al Islam Joresan, SMKN 1 Mlarak, MA Al Falah Grogol, MA Nurul Mujtahidin dan SMK PGRI 2 Ponorogo. Total seluruh anggota PMR yang mengikuti sebanyak 277 orang anggota PMR tingkat Wira.




Materi yang disampaikan meliputi manajemen bencana, pengurangan resiko bencana dan shelter dengan tujuan agar anggota PMR bisa menambah pengetahuan dan pemahaman tentang kebencanaan.





Selain materi tersebut diatas anggota PMR juga dikenalkan tentang jalur evakuasi agar anggota PMR bisa membantu sekolah/madrasah dalam menentukan titik aman. 

Yang istimewa dalam latgab ini anggota juga dibekali materi tentang vertical rescue.




Selama dua hari anggota PMR berlatih dan bergembira mengikuti latihan gabungan, mereka bersemangat mengikuti rangkaian materi dan simulasi yang disampaikan oleh fasilitator dari BPBD Ponorogo dan Dinas Sosial Ponorogo. Tambahnya.


Luhur Karsanto Ketua PMI Kabupaten Ponorogo menambahkan Semoga dengan kegiatan ini, PMR yang merupakan anggota PMI termuda bisa membantu desiminasi kepalangmerahan sehingga bisa mewujudkan tema PMI yaitu Relawan PMI siap bantudalam segala situasi saat bencana maupun konflik atas dasar kemanusiaan.TerimakasihRelawanPMI . Pungkasnya. (ca)