Tingkatkan Kuantitas, KSR IAIN Ponorogo Gelar Diklatsar

 

CERITARELAWAN.id, PONOROGO - Untuk meningkatkan jumlah relawan Palang Merah Indonesia (PMI) yang tergabung dalam Korps Sukarela (KSR) hari ini senin, (16/12/2019) KSR PMI Unit IAIN Ponorogo  adakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar bertempat di Kampus IAIN Ponorogo.

Chesa Vanesi Nela Fauziah panitia diklatsar kepada CERITARELAWAN.id mengatakan mahasiswa yang mengikuti pendidikan dan pelatihan dasar ini berjumlah 43 orang calon relawan.

Chesa menuturkan kegiatan ini merupakan program yang diadakan setiap tahun. Tujuan kegiatan ini untuk menambah jumlah dan melatih keterampilan dari relawan, khususnya relawan KSR-PMI Unit IAIN Ponorogo.

Kegiatan dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi ruangan yang diadakan di kampus IAIN Ponorogo, dan sesi lapangan yang dilaksanakan di lapangan wilayah Kecamatan Sooko jika ditotal selama proses diklatsar semua jadi 120 jam.

Selama diklat dalam ruangan, peserta dibekali dengan materi yang dibagikan dengan kepalang merahan Setelah itu mereka dihadapkan dengan diklat lapangan yang lebih diutamakan pada praktik.

"Pada hari pertama akan diadakan simulasi pembentukan tenda besar (pleton), hari kedua penjelajahan, dan pada hari ketiga diadakan simulasi besar (kebencanaan)", tambahnya

Hamidan Firdaus pemateri dari PMI Jawa Timur menambahkan semoga setelah pelaksanaan  diklatsar ini apa yang diperoleh mulai dari kedisiplinan, kekompakan, kerjasama, saling mengerti dan saling peduli bisa mereka terapkan dikemudian hari, tidak hanya menambah kuantitas dan kualitas akan tetapi kita bisa bersama sama membawa citra terbaik PMI dengan aksi untuk diseminasi kepalangmerahan. (ca)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
BERITA MENARIK LAINNYA
close