Hadapi Cuaca Ekstrim, PMI Solo Siaga & Tambah Armada


CERITARELAWAN.id, Surakarta – Palang Merah Indonesia Kota Surakarta atau biasa dikenal PMI Solo melaksanakan hari ini kamis, (16/01/2020) laksanakan apel siaga dalam rangka kesiapsiagaan bencana di halaman parkir mobil PMI Solo.

Merespon cuaca hypotermiologi yang sangat ekstrim pada musim ini, PMI Solo mempersiapkan relawan dan peralatan bila mana sewaktu-waktu terjadi bencana di kota solo ataupun bencana nasional.

Apel siaga ini diikuti oleh 40 orang dari Pengurus, staf, relawan (Korps Suka Rela (KSR) Suka Rela (TSR), dan SIBAT).

PMI Solo selain menyiapkan relawan juga menambah armada baru berupa 2 truk tangki air. 

Kedua truk tersebut diserahkan secara simbolis kepada ketua PMI Solo H. Susanto Tjokrosoekarno, dan disaksikan Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo, Dinas Pemadam Kebakaran (DAMKAR), dan segenap donatur.


Sumartono Hadinoto, Pengurus PMI Kota Solo mengatakan bahwa berdasar dari pengalaman beberapa tahun terakhir ini dimana pada musim kemarau beberapa daerah disekitar kota solo sangat membutuhkan air bersih karena kekeringan dan  air merupakan kebutuhan paling pokok dalam kehidupan manusia.


Sebelumnya dalam membantu masyarakat terdampak kekeringan PMI Solo  pinjam truk tangki dari PMI Pusat.
Dengan pertimbangan pentingnya air akhirnya maka PMI Solo menawarkan kerjasama ke beberapa perusahaan untuk menjadi donatur dalam pengadaan armada truk tangki.

Martono mengungkapkan di awal kerja sama ini PMI Solo mendapatkan dukungan armada dari PT. Kramayuda melalui PT. Sun Star Motor, dan tangkinya hasil kerja sama dari CV. Wijaya Baru. 

Dimana PMI Solo mendapatkan dukungan sehingga terwujud 2 unit truk tangki, adapun setelah terwujudnya truk tangki ini harapannya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat solo dan sekitarnya.


Kedepan truk tangki ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, antara lain untuk membantu mendistribusikan air bersih sampai ke pelosok daerah yang membutuhkan saat kekeringan.

Pada musim penghujan apabila suatu saat terjadi bencana, PMI Solo juga dapat membantu menyediakan air bersih.

Selain itu keberadaan truk tangki bisa juga membantu Damkar menyediakan air ketika terjadi kebakaran, sehingga truk damkar tak perlu lagi bolak balik untuk mengisi air dan harapanya api akan lebih cepat dipadamkan.


Tak hanya truk tangki, Medical Action Team Ambulance PMI Solo juga turut membantu peran Damkar dalam bertugas, sehingga setiap Damkar bertugas Ambulance beserta tenaga medisnya juga turut berada dibelakang truk jika sewaktu-waktu dibutuhkan bantuan medis, ujar martono.

Untuk itu PMI Solo berharap kepada masyarakat, organisasi, instansi atau siapapun yang ingin donasi melalui PMI Solo untuk mewujudkan pengadaan armada truk tangki yang diharapkan sebanyak 6 unit untuk solo raya, pungkasnya.(ca)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata