Pelatihan SIBAT PMI 6 Kabupaten di NTB di Targetkan Selesai Bulan Februari 2020


CERITARELAWAN.id, NUSA TENGGARA BARAT - Pelatihan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) yang diadakan Palang Merah Indonesia (PMI) sedang dalam proses penyelesaian untuk masyarakat terdampak di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pelatihan ini didukung oleh The International Federation of Red Cross and Red Crescent Society (IFRC) diadakan di 6 Kabupaten/Kota terdampak, diantaranya Lombok utara, Lombok barat, Lombok tengah dan Lombok timur dengan jumlah peserta 25 orang untuk setiap desa yang dilibatkan. 

Selama proses pelatihan, materi-materi yang disampaikan oleh relawan bertugas meliputi Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat (KBBM), Pertolongan Pertama (PP) pada saat darurat bencana, Pemetaan, dan lain-lain. Dalam melancarkan proses kegiatan ini berlangsung, PMI setiap kabupaten menurunkan 6-8 relawan/staff untuk bertugas di setiap pelatihan.

Salah satu staff PMI Lombok barat, Agus Suhaili mengatakan bahwa, "Pelatihan ini sudah sebelumnya kami tuntaskan di Desa Lembah sari, dan baru kami selesaikan di Desa Gelangsar. Dan untuk selanjutnya akan diadakan di Desa Guntur Macan. Dari pelatihan ini, kami berharap peserta dapat memahami dan menerapkan ilmu yang diperoleh terkait KBBM serta menyebarluaskannya".

Di Desa Gelangsar Lombok Barat pelatihan ini berlangsung sejak 9 Januari 2020 hingga berakhir dengan materi Simulasi yang dilakukan bersama masyarakat sekitar terkait Analisa Kerentanan dan Kapasitas Desa pada 15 Januari 2020.

Peserta Sibat perwakilan Desa Gelangsar, Laily berpendapat bahwa "Selama pelatihan kami sudah mempelajari berbagai hal terkait pengurangan risiko bencana seperti, kerentanan, risiko, bahaya, kapasitas dan pentingnya menjaga lingkungan. Selain itu, kami juga mempelajari dan praktik Pertolongan Pertama pada saat darurat bencana seperti membalut luka pada kasus Perdarahan dan Syok serta mengevakuasi korban".

Sementara itu, ada beberapa desa yang akan mendapatkan pelatihan Sibat diantaranya Desa Jenggala di Lombok utara, Desa Labuan Mapin di Sumbawa dan Lamunga di Sumbawa barat. Program pelatihan Sibat ini ditargetkan selesai pada bulan Februari 2020.

CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
BACA JUGA
close