Peringati Hari Jadi, PMR SMAN 4 Bojonegoro Gelar Bhakti Alam


CERITARELAWAN.id, BOJONEGORO - Untuk memperingati hari jadi Palang Merah Remaja (PMR) yang diperingati setiap tanggal 1 maret. Palang Merah Remaja (PMR) PMI Unit SMA Negeri 4 Bojonegoro laksanakan kegiatan BHAKTI ALAM PMR Kegiatan berupa kerja bhakti di beberapa tempat yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

SUKOHAWIDODO Sekretaris PMI Kabupaten Bojonegoro mengatakan titik lokasi kerja bakti meliputi lingkungan sekolah, Jalan Hayam Wuruk Keurahan Karang pacar dan Jalan Gajah Mada Gang.Depo kelurahan Sumbang.


Suko mengungkapkan kegiatan diikuti 60 Anggota PMR dan semua siswa SMA Negeri 4 Bojonegoro dan didampingi 30 guru pembimbing. Kegiatan ini bekerja sama dengan PMI, Kelurahan Karangpacar, Kelurahan Sumbang..


Suko juga menceritakan sejarah singkat Terbentuknya Palang Merah Remaja dilatar belakangi oleh terjadinya Perang Dunia I (1914 - 1918) pada waktu itu Australia sedang mengalami peperangan. Karena Palang Merah Australia kekurangan tenaga untuk memberikan bantuan, akhirnya mengerahkan anak-anak sekolah supaya turut membantu sesuai dengan kemampuannya. Mereka diberikan tugas, tugas ringan seperti mengumpulkan pakaian-pakaian bekas dan majalah-majalah serta Koran bekas. Anak-anak tersebut terhimpun dalam suatu badan yang disebut Palang Merah Pemuda (PMP) kemudian menjadi Palang Merah Remaja (PMR).


Pada tahun 1919 didalam sidang Liga Perhimpunan Palang Merah Internasional diputuskan bahwa gerakan Palang Merah Remaja menjadi satu bagian dari perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. Kemudian usaha tersebut diikuti oleh negara-negara lain. Dan pada tahun 1960, dari 145 Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah sebagian besar sudah memiliki Palang Merah Remaja.

Di Indonesia pada Kongres PMI ke-IV tepatnya bulan Januari 1950 di Jakarta, PMI membentuk Palang Merah Remaja yang dipimpin oleh Ny. Siti Dasimah dan Paramita Abdurrahman. Pada tanggal 1 Maret 1950 berdirilah Palang Merah Remaja secara resmi di Indonesia.




1 Maret diperingati oleh PMI dan Bangsa ini sebagai hari PMR, pada awalnya bernama Palang Merah Pemuda. Mengiringi perjuangan PMI dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, sesuai dengan 10 Perintah Harian Panglima Besar Jendral Soedirman, 63 tahun lalu (1950) PMI meresmikan berdirinya PMP sebagai bagian dalam organisasi PMI yang bertugas mengembangkan dan membentuk karakter remaja di Indonesia. Dipelopori oleh Nn. Siti Dalimah (atau Dasimah – sedikit kerancuan sejarah) dan Nn. Paramitha Abdurahman. 

Rencana kegiatan semacam ini  akan dilakukan unit/anggota PMR se Kabupaten  Bojonegoro selama bulan Pebruari - maret. Dan tak lupa atas nama PMI saya mengucapkan terimakasih anggota PMR yg sudah mengaplikasikan tribakti PMR untuk membentuk karakter yg mencintai alam sebagai ciptaan Alloh dan juga sebagai rasa terima kasih kepada bumi dengan menjaga kebersihan dan keindahannya serta upaya dalam pengurangan resiko bencana (PRB). Pungkasnya. (amin)

CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
BERITA MENARIK LAINNYA
close