PMI Bentuk Sibat di Guntur Macan Lombok Barat


CERITARELAWAN.id, LOMBOK BARAT - Untuk membangunnmasyarakat yang siap dan sigap dalam menghadapi bencana Palang Merah Indonesia (PMI) mengadakan Pelatihan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) untuk masyarakat Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat NTB yang dilaksanakan pada sabtu - jumat (25-31/01/2020).

Acara diikuti oleh 25 orang peserta dari warga Desa Guntur Macan, dihadiri oleh Kepala Markas PMI PROVINSI NTB, Plh, Ketua PMI Kabupaten Lombok Barat serta Babinkamtibmas dan Babinsa serta perangkat Desa Guntur Macan.

Ahmad Mustarudin Efendi S.H Plh. Ketua PMI Kabupaten Lombok Barat mengatakan bahwa pelatihan Sibat yang Selama ini yang dilakukan di tiga (3) Desa Binaan PMI merupakan Dukungan IFRC.

Penyematan tanda peserta oleh Mustarudin Ketua PMI Lombok Barat dan Khusni Kepala Markas PMI NTB

Mustarudin mengungkapkan bahwa tujuan pelatihan ini tidak lain dan tidak bukan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dan dalam upaya-upaya kesiapsiagaan menghadapi sebuah bencana dan juga untuk mengurangi resiko bencana tersebut.

Mustarudin juga memberikan motivasi kepada peserta dengan mengambil contoh relawan-relawan PMI pada umum nya yang sampai saat ini masih peduli terhadap masyarakat, mereka berasal dari beberapa Desa yg ada di Lombok Barat, akan tetapi mereka tidak pernah menghitung berapa mereka harus di bayar karna jiwa kerelawanan mereka sudah tertanam melalui Palang merah Indonesia pada umum nya.

Ia berharap masyarakat yang sudah mengikuti serius dalam mempelajari materi yang disampaikan sehingga bisa peduli pada dirinya dan masyarakat dilingkungannya.

Sementara itu Husni Mubarak Kepala Markas PMI Provinsi NTB menambahkan saya mengucapkan selamat mengikuti pelatihan Sibat selama seminggu kedepan dan ikuti lah di setiap proses pelatihannya, manfaatkan dan ambil materi-materi yang di sampaikan oleh para fasilitator nya,karna akan sangat berguna buat diri,keluarga dan masayarakat Desa Guntur Macan.

Foto bersama perwakilan peserta bersama Mustarudin Ketua PMI Lombok Barat dan Khusni Kepala Markas PMI NTB

Semoga Sibat-Sibat yang baru terbentuk di Tiga Desa binaan PMI Lombok Barat ini mampu seperti Sibat-Sibat yang di Luar pulau Lombok terutama di wilayah jawa yang mempunyai sejuta inovasi baik dari segi ekonomi maupun skill.

Harapan saya juga Kepada Pemerintah Desa Guntur Macan, supaya lebih memperhatikan Sibat Kita ini, karena kedepan nya akan sangat bermanfaat buat Desa beserta masyarakat. sebab Sibat ini dari masyarakat,oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Pungkasnya (mardi/amin)

Sebagai acara acara terakhir penyematan ID card secara Simbolis kepada Dua orang peserta oleh Mustarudin Ketua PMI LOBAR dan Khusni Kepala Markas PMI PROVINSI.

Mardiansyah.
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
BACA JUGA
close