PMI Respon Kecelakaan di Tol Soker Km.544 B, Sambungmacan, Sragen


CERITARELAWAN.id, SRAGEN - Untuk merespon kejadian kecelakaan lalulintas yang terjadi di jalan Tol Soker Km.544 B, Sambungmacan, Sragen. pada hari Rabu, (16/01/2020) jam Pukul 23.30 WIB Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sragen menurunkan petugas dan ambulans.

Wahdadi Kepala Markas PMI Kabupaten Sragen kepada CERITARELAWAN.id mengatakan Posko PMI Kabupaten Sragen menerima informasi dari Call Center PSC 119 Kab. Sragen, bahwa ada kecelakaan lalulintas di Jalan Tol Soker Km. 544 B, Sambungmacan, Sragen membutuhkan bantuan evakuasi korban dan Ambulans. 

Begitu mendengar info Petugas PMI bersama PSC 119 Kabupaten Sragen untuk melakukan respons ke lokasi menggunakan Ambulans PMI.

Dalam kejadian ini Call Center PSC 119 juga menghubungi jejaring PSC 119 untuk dan Posko PMI Kabupaten Sragen menghubungi Posko PMI Se Solo Raya untuk membantu bilamana di butuhkan Ambulans dan petugas medis. 

Untuk petugas PMI Kabupaten Sragen dibantu petugas dari PMI Kabupaten Karanganyar melakukan respos membantu penanganan di lokasi. 

Selama melakukan perjalanan ke lokasi petugas PMI berpapasan dengan Ambulans Tol JSN yang sedang mengevakuasi korban. 

Setelah tiba di lokasi petugas PMI melakukan assessment mencari korban lainnya yang masih di samping bahu jalan Tol dan setelah assessment tidak ada korban yang serius maupun luka, hanya masih ada 1 korban yang masih terjepit di badan kendaraan. 

Petugas PMI, PSC 119, Polri bersama Rescue Tol JSN membantu evakuasi 1 korban yang masih terjepit dalam keadaan sudah meninggal dunia. Korban berhasil di evakuasi dari badan bus dan korban di evakuasi menggunakan Ambulans PMI Alfa 01 ke kamar jenazah RSUD dr. Soehadi Prijonegoro, Sragen.

Setelah tiba di kamar jenazah RSUD dr. Soehadi Prijonegoro, Sragen, Tim berkoordinasi dengan Petugas Tol JSN untuk mendata keseluruhan korban kecelakaan dan terdapat korban yang sudah di evakuasi ke IGD dr. Soehadi Prijonegoro, Sragen 4 korban dan 6 korban di evakuasi ke IGD RSI. Amal Sehat. 

Petugas PMI Kabupaten Sragen selanjutnya melakukan assessment ke IGD RSI. Amal Sehat, Sragen.

Identitas Korban 
1. Nama.   : Tn. Bambang Sudarmanto
     Umur.   : 57 tahun
     Alamat : Jl. Melati V Jbrkidul, Kaliwates, Jember, Jawa Timur.
2. Nama.   : Sdr. Lilik
     Umur.   : 26 tahun
     Alamat : Tegal Besar, Kaliwates, Jember, Jawa Timur.
3. Nama.  : Tn. Sinjang
    Umur.   : 34 tahun
    Alamat :  Jl. Basuki Rahmad, Jember, Jawa Timur.
4. Nama.  : Sdri. Seli
    Umur.   : 24 Tahun
    Alamat : Banyuwangi, Jawa Timur.
5. Nama.  : Sdri. Faiza Amalia
    Umur.   : 17 tahun
    Alamat : Pondok Gede, Jember, Jawa Timur.
6. Nama.  : Sdr. Ragil
    Umur.   : 17 tahun
    Alamat :  Pantai Gadung Indah, Jember, Jawa Timur.
7. Nama.  : Sdr. Abdul Khodir Jailani
    Umur.   : 24 tahun
    Alamat : Tandu Agung, Lumajang, Jawa Timur.
8. Nama.  : Sdri. Ranu Puspita
    Umur.   : 17 tahun
    Alamat : Jl. Basuki Rahmad, Jember, Jawa Timur.
9. Nama.  : Sdri. Erza
    Umur.   : 16 tahun
    Alamat : Perum Jember Permai, Jember, Jawa Timur.
10. Nama.  : Sdri. Anita Karolina
       Umur.   : 17 tahun
       Alamat : Depok, Jawa Barat.

Status Korban
1. Tn. Bambang Sudarmanto kondisi meninggal dunia karena luka parah dibawa ke RSUD dr. Soehadi Prijonegoro, Sragen.
2. Tn. Lilik kondisi sadar, mengalami luka sobek 4 cm pada dahi 4 cm, sobek pada pipi kanan 3 cm, lecet pada bawah mata kanan. dibawa ke RSUD dr. Soehadi Prijonegoro, Sragen.
3. Tn. Sinjang kondisi sadar, mengalami sobek pada dahi 5 cm, sobek pada pipi kiri, lecet pipi kanan, lecet pada telapak tangan kiri. dibawa ke RSUD dr. Soehadi Prijonegoro, Sragen.
4. Sdri. Seli kondisi sadar, mengalami fraktur terbuka tungkai bawah kaki kiri, sobek pada dahi 4cm. dibawa ke RSUD dr. Soehadi Prijonegoro, Sragen.
5. Sdri. Faiza Amalia kondisi sadar, mengalami bengkak pada lutut kaki kiri, lecet pada dahi, lecet pada punggung tangan kiri. dibawa ke RSI. Amal Sehat
6. Sdr. Ragil kondisi sadar, mengalami sobek 7cm pada siku tangan kiri.
dibawa ke RSI. Amal Sehat
7. Sdr. Abdul Kodir Jailani kondisi sadar, mengalami fraktur terbuka kaki kanan, lecet pada tangan dan kiri, sobek belakang telinga kanan, patah gigi bagian depan, lecet pada telapak dan punggung kaki kanan dan kaki kiri.R dibawa ke RSI. Amal Sehat
8. Sdri. Rani Puspita kondisi sadar, mengalami lecet pada dahi, bengkak pada lutut kaki kanan. dibawa ke RSI. Amal Sehat
9. Sdri. Erza kondisi sadar, mengalami sobek telapak kaki kiri.dibawa ke RSI. Amal Sehat
10. Sdri. Anita Karolina kondisi sadar, mengalami lecet pada dahi, lecet siku tangan kiri, memar pada lutut kaki kanan dan kaki kiri.dibawa ke RSI. Amal Sehat.

Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi PSC 119 Kabupaten Sragen call center 119 atau 0271 890119 dan Posko PMI Kabupaten Sragen call center 081229611119. (munif/ca)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata