Selamatkan Sumber Mata Air, Bupati Ipong & Gerak Warok Gelar Penghijauan di Tugurejo

  

CERITARELAWAN.id, PONOROGO - Dalam rangka penanganan lahan kritis dan penyelamatan sumber mata air, Bupati Ipong Muchlissoni dan Komunitas peduli lingkungan Gerak Warog bersama BPBD, Tagana, PMI, LPBI NU, DESTANA, RAPI, dan pemerhati peduli lingkungan hari ini sabtu, (18/01/2020) adakan penghijauan dengan menanam ribuan bibit pohon beringin di berbagai titik di desa Tugurejo, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo.




Bupati Ipong menjelaskan, pelaksanaan program reboisasi lahan kritis ini dalam penyelamatan sumber mata air. Inilah pentingnya kesadaranpenghijauan secara berkelanjutan menanam di lokasi yang kritis menjadi sebuah kewajiban.






“Semoga desa Tugurejo selalu damai lestari sumber mata air berkelimpahan. Menjadi motivasi betapa pentingnya semangat gotong royong penghijauan kembali di Kabupaten Ponorogo,”ujar Bupati Ponorogo.



Siswanto Kepala Desa Tugurejo menjelaskan, menanam pohon, berarti menanam doa dan harapan untuk keberlanjutan generasi sekarang dan anak cucu.


Selain memperbaiki lingkungan, menanam jugamemberikan manfaat langsung terhadap kesejahteraan masyarakat khususnya di desa Tugurejo.


Semangat menanam pohon tertanam dalam diri kita diawali dari “memayu hayuning pribadi”,merupakan upaya menyelamatkan bumi, menjaga keanekaragaman hayati, menghemat dan menumbuhkan sumber mata air berkelimpahan serta memberikan oksigen bagi kehidupan. Tambahnya.


“Penghijaun dengan wujud penanaman ribuan pohon beringin di berbagai titik di desa Tugurejo, juga penetapan kawasan penyangga yang bermanfaat ekonomi, akan membantu masyarakat menjaga kawasan sumber mata air," Punhkas Siswanto(ca)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata