Agar Tak Jadi Sarang Penyakit, Berikut Tips Bersihkan Rumah Setelah Banjir


CERITARELAWAN.id, - Banjir memang mendatangkan kerugian yang besar bagi masyarakat. Tak hanya keselamatan jiwa yang terancam, hunian yang sempat terendam banjir pun bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri penyebab penyakit. Karena itulah rumah yang sempat terendam banjir harus segera dibersihkan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses pemulihan rumah usai banjir.

1. Bersihkan Lumpur Terlebih Dahulu

Pertama, bersihkan dulu lumpur sebanyak mungkin. Mengenyahkan kotoran ini merupakan langkah awal untuk melakukan pembersihan lanjutan pada beberapa komponen, termasuk lantai, dinding, dan perabotan rumah.

2. Bersihkan Lantai dengan Cairan Antiseptik dan Air Hangat

Selanjutnya, bersihkan permukaan lantai menggunakan cairan pembersih kuman. Tapi, sebelumnya bersihkan dulu dengan air sampai di tahap akhir, guna memastikan tak ada bakteri yang mengendap, baru gunakan cairan pembersih kuman.

Lakukan sampai dua kali bila Anda mau mendapatkan hasil maksimal. Kendati, sekali proses pembersihan saja sebenarnya sudah cukup. 

Sebagai tambahan, gunakan air hangat ketika mengepel permukaan lantai yang sudah terendam air banjir.

3. Rendam Peralatan Makan di Air Hangat dan Sabun Cuci Piring Antibakteri

Taruh piring, gelas, dan mangkuk dalam satu wadah besar yang diberikan cairan pembersih kuman. Rendam di dalam air hangat selama sepuluh menit, cuci bersih dan biarkan kering. Jangan gunakan lap untuk mengeringkan.

Sementara, panci dan sisa alat masak sebaiknya direndam di dalam air mendidih selama 10 menit. Semua lemari dan konter penyimpanan harus dibersihkan dengan cairan pembersih kuman lebih dulu sebelum ditaruh berbagai macam perabot.

4. Jemur Perabot Sesegera Mungkin

Perabotan yang terkena genangan banjir harus segera dibawa keluar untuk dijemur sesegera mungkin. 

Gunakan kipas dan buka jendela untuk memberi sirkulasi udara selama perabotan dikeringkan di luar rumah.

5. Buang Kasur yang Sudah Terendam Air Lebih dari 24 Jam

Kasur yang terkena resapan air banjir lebih dari 24 jam harus dibuang, karena berisiko menjadi sarang kuman dan bakteri berbahaya. Begitu juga dengan mainan anak.

6. Pisahkan dan Keringkan Dokumen

Foto, buku, dan surat-surat penting bisa didiamkan untuk dibersihkan nanti. Pisahkan lembaran-lembarannya dan keringkan sehati-hati mungkin.

7. Lepas Kertas Dinding

Dinding rumah, seperti lantai, juga jadi bagian terbesar yang terkena rendaman air banjir. Bila dinding rumah Anda menggunakan wallpaper, segera lepas, setidaknya sampai batas terkena banjir. 

Pasalnya, kertas hanya akan menyerap air dan membuat dinding jadi lebih susah kering. Kalau sudah begini, dinding rumah bisa jadi sarang bakteri yang terbawa air banjir dan mengancam kesehatan penghuni.

8. Cuci Karpet Sesegera Mungkin

Pembersihan karpet yang terendam banjir harus dilakukan sesegera mungkin. Gunakan cairan pembersih kuman dalam prosesnya. 

Keringkan sesegera mungkin, bila perlu menggunakan bantuan kipas jika sinar matahari tidak cukup terik untuk mengeringkannya.

Demikian tips-tips untuk membersihkan rumah setelah bencana banjir melanda.(Flood Safety)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata