Beginilah Wujud BNT Untuk NTB dari PMI & IFRC


CERITARELAWAN.id, NUSA TENGGARA BARAT - Senin, (10/01/2020), Bantuan Non Tunai (BNT) yang diberikan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) yang didukung oleh International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) kepada 3997 Kepala Keluarga (KK) untuk tiga kabupaten terdampak di Lombok diantaranya Lombok barat, Lombok utara dan Lombok timur. 

Transfer bantuan ini dilakukan melalui rekening Bank, dan terbagi menjadi transfer tahap pertama yang sudah dilakukan akhir tahun 2019 dan tahap kedua akan segera dilakukan.



Koordinator BNT PMI di NTB, Hijir Ismail mengatakan bahwa "Dana bantuan ini disalurkan PMI dengan total 7 juta rupiah untuk setiap KK yang terdampak, dan untuk tahap kedua masyarakat akan mendapatkan konfirmasi dari PMI melalui pesan di smarthphone jika dana BNT sudah ditransfer dengan senilai 3juta rupiah atau 40% dari total dana bantuan. 

Program ini kami targetkan selesai akhir Februari, dan kami juga berharap masyarakat mengutamakan pembangunan Kamar mandi dan Dapur, terutama bagi mereka yang masih mandi, dan buang air besar/kecil disungai.

Di lombok barat, 628 KK masyarakat yang mendapat bantuan sudah menggunakan dana bantuan transfer tahap pertama, sebagian besar dari mereka sudah mulai menyelesaikan proses perbaikan.



Salah satu penerima manfaat di Dusun Ladungan, Pohari menyampaikan, Dari dana bantuan BNT untuk transfer tahap pertama saya sudah bisa dapat membangun dapur yang lebih layak dan kamar mandi karena dari sebelum gempa saya memang tidak punya kamar mandi, dan selalu membuang air di sungai. 

Saya sudah melakukan perbaikan sejak dua minggu yang lalu. Selain itu saya juga membeli mesin air dengan sisa uang yang ada untuk mempermudah kami sekeluarga dalam mengakses air.

Selama proses perbaikan rumah warga, para relawan dari PMI yang bertugas di bagian sektor shelter dan wash melakukan pendampingan untuk memastikan warga menggunakan material yang aman dan bagaimana jalannya proses perbaikan rumah dan memastikan dana bantuan dipergunakan sesuai amanah. (nurul/amin)
Next Post Previous Post