Belajar Tentang Darah, Puluhan Siswa MTsN 2 Jember Kunjungi UDD PMI


CERITARELAWAN.id, JEMBER - Puluhan pelajar dari PMR Madya MTsN 2 Jember, kemarin 21/2) belajar ke Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember di Jalan Srikoyo 115 Jember. Mereka secara khusus belajar tentang proses donor darah yang dilakukan petugas UDD PMI Kabupaten Jember. Mereka didampingi satu fasilitator dan empat guru. Mereka melihat lsngsung proses donor darah sampai pengolahan darah di UDD PMI. 

Selain itu mereka juga mendapatkan materi tentang donor darah dan kepalangmerahan. PMR dari MTsN 2 Diterima oleh pengurus dan petugas PMI Kabupaten Jember. 

Sukaryo, wakil kepala UDD menjekaskan tentang sejarah PMI secara singkat. Juga sejarah adanya donor darah. Termasuk  proses donor darah di UDD PMI. "Donor darah ada prosedur tetapnya dan dilakukan petugas UDD PMI Kabupaten Jember yang berpengalaman," kata Sukaryo.

Atin Mahatma Kabid Pelayanan UDD PMI lebih detail lagi memberikan penjelasan. Antara lain tentang mengenal jenis golongan darah. Kemudian tentang tahapan donor, proses pendaftaran sampai pengambilan darah dan prosesnya. 

Selanjutnya tentang  pengenalan laboratorium. "Hasil donor darah masih akan diuji sharing dulu. Setelah itu diproses kemudian disimpan dialat penyimpan yang modern" kata Atin Mahatma.

Dia menjelaskan, belum tentu semua darah hasil donor darah digunakan. Darah yang sehat yang disimpan untuk selanjutkan ditransfusikan ke pasien yang membutuhkan."Sedangkan darah yang rusak akan dimusnahkan diincenerator," ujarnya.

Atin menambahkan bahwa proses donor darah atah pengambilan darah tidak hanya di UDD PMI Jl Srikoyo saja."pelayanan donor darah juga dilakukan di markas PMI Jl Jawa 57 Juga di Klinik Pratama PMI di Jubung pada Hari Senin sampai Jumat mulai pukul 8.30 sampai pukul 14.00," imbuhnya.

Ninuk Kasubag logistik UDD PMI menjelaskan tentang alur masuknya barang. Kemudian cek kadaluarsa, barang masuk. Juga menjelaskab tentang suhu penyimpanan. Termasuk  mengenalkan alat alat logistik.Terakhir menjelaskab tentang sistem penyimpanan di logistik. (amin)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Belajar Tentang Darah, Puluhan Siswa MTsN 2 Jember Kunjungi UDD PMI "