Bersama PMI, Pemkot Cilegon Bagikan Ribuan Cairan Disinfektan


CERITARELAWAN.id, CILEGON.– Dalam upaya mencegah Corona Virus (COVID-19) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon salurkan bantuan cairan untuk membersihkan dan membunuh kuman/virus pada benda tak hidup (disinfektan) yang dibuat oleh PMI Kota Cilegon, Forum Kota Sehat, PDAM dan Dinas Kesehatan Kota Cilegon.

Sebanyak 6.000 liter desinfektan ini dikemas dengan menggunakan jerigen berukuran 30  dan 20 Liter dan akan dibagikan kepada 110 unit Pelayanan seperti Kecamatan, Kelurahan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Unsur Forkopimda dan Pondok Pesantren yang berada di wilayah Kota Cilegon. Bantuan yang disalurkan berupa cairan Disinfektan (50 Liter), Pompa Cairan Disinfektan (1 Unit), Hand Shop / Sabun Cuci Tangan (1 buah) dan isi ulang sabun cuci tangan (5 Liter),

“Dengan adanya bantuan ini semoga bisa melindungi masyarakat kota cilegon agar terhindar dan tidak terjangkit virus covid – 19”. Tutur Walikota Cilegon Edi Ariadi saat memberikan sambutan penyerahan dihalaman Pemkot, Jum'at, (20/3/2020).

Selain itu, dengan kondisi ini Pemkot Cilegon mengajak seluruh warga Cilegon untuk membuat cairan antiseptik sendiri dari bahan-bahan yang mudah ditemui dan didapatkan.

Menurut Walikota Cilegon, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk meracik antiseptik sangat mudah dan harganya pun cukup terjangkau. “Alkohol bahannya mudah didapat. Jadi bisalah dibuat di rumah sendiri. Enggak usah lagi nunggu pemerintah. Kayak persoalan sampah tuh. Semuanya harus dibebankan ke pemerintah. Semestinya warga pun harus berperilaku hidup sehat,” ujarnya.

Lebih lanjut Edi Ariadi menghimbau kepada seluruh instansi untuk bekerjasama dengan aparat keamanan TNI, POLRI, dan unsur swasta serta seluruh masyarakat Kota Cilegon untuk meningkatkan kewaspadaan dalam upaya pencegahan penularan virus corona.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Cilegon, H. Abdul Hakim Lubis mengatakan upaya pencegahan COVID-19 terus dilakukan oleh PMI Kota Cilegon bersama Pemerintah dari mulai Sosialisasi terkait hingga ajakan untuk melakukan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta mempraktekan Cara Cuci Taangan yang baik menggunakan sabun.

Lebih lanjut, dalam kesempatan itu Lubis mengajak seluruh komponen masyarakat untuk tidak panik namun tetap waspada, tetap lakukan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat, lakukan cuci tangan dengan sabun sesering mungkin terutamanya setelah melakukan aktivitas dan sebelum makan. Pungkasnya.(humas/amin)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url