Cegah Virus Corona, PMI Cilegon Siapkan 6000 Liter Disinfektan


CERITARELAWAN.id, CILEGON.- Sebagai upaya menghambat penyebaran Corona Virus (COVID)-19, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon membuat disinsfektan skala besar. sesuai instruksi hasil Rapat Koordinasi lintas sektor dengan Pemerintah Kota Cilegon pada hari senin kemarin tanggal 16 Maret 2020, yang mana nantinya akan diserahkan kepada Pemerintah Kota Cilegon. 

Pembuatan disinfektan sebanyak 6.000 liter itu dihadiri Forum Kota Sehat, PDAM Cilegon Mandiri dan Dinas Kesehatan Kota Cilegon sebagai pengarah agar komposisi pembuatan sesuai anjuran Kementerian Kesehatan. Rabu (18/3/2020)

Ketua PMI Kota Cilegon, H. Abdul Hakim Lubis mengatakan PMI Kota Cilegon telah menyediakan 100 unit alat semprot dengan kapasitas kapasitas 5 liter dan 220 unit Jerigen berkapasitas 30 & 20 Liter untuk digunakan sebagai sarana penyemprotan. Alat semprot ini juga akan dibagikan ke kantor-kantor pelayanan, seperti kelurahan dan kecamatan.

“Semoga bantuan ini bermanfaat dalam langkah pencegahan COVID-19,namun perlu kami disampaikan juga, bahan-bahan ini sudah semakin langka di pasaran. Kita menyiapkan sebanyak 250 liter” lanjut Lubis.

Cara Mudah Membuat Disinfektan

Disinfektan dibuat dengan menggunakan air dan campuran natrium hipoklorit (NaClO) yang terkandung pada bahan pemutih pakaian dengan komposisi yang telah ditentukan Kementerian Kesehatan RI.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Cilegon, Evelyn Yolanda mengatakan bahan pembuat disisfektan yang terkandung pada bahan pemutih pakaian ini dapat dengan mudah ditemukan di warung-warung tradisional maupun minimarket.  Diharapkan, dengan adanya sistem seperti ini, masyarakat dapat dengan mudah memutus rantai virus penyebab penyakit, termasuk virus Covid-19 yang saat ini sedang menjadi perhatian di seluruh negara di dunia.

“Natrium hipoklorit atau pemutih pakaian banyak dijual di supermarket-supermarket maupun toko ritel yang kecil-kecil. Kita bisa membuat sendiri, enggak harus bergantung pada orang lain, Dinas kesehatan, atau PMI. Kita bisa buat sendiri kadarnya cuma 3 persen, kok. Jadi. bisa saya gambarkan, 3 persen itu 3 ml Bayclin [produk pemutih pakaian] dicampur di dalam 100 ml  [air],” ujar Yolanda.

Membuat Sendiri Cairan Pembersih Tangan

Yolanda menambahkan, selain disinfektan, masyarakat juga bisa membuat sendiri pembersih tangan (hand sanitizer) dengan bahan yang mudah ditemukan. Bahan-bahan tersebut adalah alkohol 70 persen, glycerol (C3H8O3), air, aloe eera [bahan pelembap kulit], dan pewangi [sesuai selera].

“Alkohol 70 persen itu kalau kena kulit terus menerus membuat kulit kita kering, jadi aloe vera itu buat pelembapnya,” tuturnya. (humas/amin)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Cegah Virus Corona, PMI Cilegon Siapkan 6000 Liter Disinfektan "