Konfirmasi PMI Terkait 65 Warga Jatim Suspect Corona


CERITARELAWAN.id, SURABAYA - Masyarakat Jatim menanyakan kebenaran atas beredarnya surat edaran yang dirilis PMI Provinsi Jawa Timur di sosial media tentang 65 warga jatim suspect virus Corona.

Menanggapi hal itu, Sekretaris PMI Jawa Timur Dr. EDI PURWINARTO, M.Si, mengakui memang benar surat yang beredar tersebut adalah instruksi PMI Provinsi Jawa Timur kepada PMI Kabupaten/Kota di Jawa Timur untuk mengambil langkah atau tindakan terhadap para warga yang sebelumnya dinyatakan suspect Corona. Tapi seluruhnya kini sudah dinyatakan SEHAT.

Langkah pertama, melakukan monitoring perkembangan virus korona di daerah masing-masing dan mengantisipasi penyebarannya. Dalam pelaksanaannya, PMI berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat. Kedua, PMI memberikan pendampingan terhadap mereka yang suspect dan telah dinyatakan sehat berdasarkan Surat Keterangan Sehat dan Kementrian Kesehatan RI agar terbebas dari rasa traumatis.

Di Jawa Timur terdapat 65 orang suspect virus Corona, 4 diantaranya adalah warga Kediri. Tetapi, ke 65 orang tersebut seluruhnya sudah dinyatakan SEHAT. Langkah terakhir, PMI harus menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik berlebihan dan selalu mengikuti petunjuk dari Pemerintah, dalam hal ini Dinas Kesehatan.

Dr. EDI PURWINARTO menambahkan, 65 orang tersebut adalah WNI dari Wuhan, China yang selesai menjalani observasi di Natuna, Kepulauan Riau. Mereka diperbolehkan pulang ke kampung halaman masing-masing sejak 15 Februari 2020 lalu.(amin)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Konfirmasi PMI Terkait 65 Warga Jatim Suspect Corona"

BACA JUGA
close