11 Makanan Khas Ramadhan yang Ada di Indonesia

Bongko Kopyor

Sahabat CERITARELAWAN.id Bulan suci ramadhan merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Mereka bersuka cita menyambut bulan suci ramadhan dengan berbagai macam cara sesuai tradisi masing-masing. Tidak hanya fokus melakukan ibadah saat bulan ramadhan, satu hal lain yang ditunggu-tunggu saat bulan puasa tiba adalah berburu kuliner ramadhan.

Berbagai negara di belahan dunia punya makanan khas ramadhan yang unik dan selalu dirindukan. Begitu pula di Indonesia, ada 11 makanan khas bulan puasa yang selalu jadi incaran untuk menu saat berbuka ataupun saat sahur tiba. Berikut ini Kuliner Kota akan menyajikan apa saja daftar kuliner khas saat bulan puasa yang ada di Indonesia. Yuk, cek artikel ini!

1. Kurma


Kurma
Kurma, Foto oleh Blibi Com
Menjadi hidangan pembuka saat buka puasa yang selalu jadi incaran saat bulan ramadhan. Kurma, makanan yang berasal dari Timur Tengah dengan kandungan gizi serta antioksidan yang tinggi sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga tubuh tetap fit saat bulan ramadhan tiba. Apalagi di tengah pandemi seperti saat ini? Cita rasanya yang manis dan legit serta memiliki banyak manfaat cocok jadi pilihan pembuka puasa yang tempat. Jadi, sudahkah menentukan mau buka puasa pakai apa hari ini?

2. Es Campur


Es Campur
Es Campur, Foto oleh Pegi Pegi Com
Buka puasa memang paling nikmat yang manis-manis dan segar. Minuman segar seperti Es Campur ini cocok jadi menu buka puasa kamu. Minuman dengan komposisi sederhana seperti cendol, cincau hitam, kolang kaling, santan, es pasrah, susu dan sirup, menjadikan Es Campur ini memiliki cita rasa manis dan segar. Hampir di seluruh indonesia minuman ini selalu jadi favorit untuk buka puasa, pembuatannya yang mudah serta cita rasanya yang nikmat menjadikannya sangat populer di semua kalangan. Tertarik buka puasa menggunakan Es Campur hari Ini?

3. Kolak


Kolak
Kolak, Foto oleh Google Com
Takjil manis, khas ramadhan ini tidak akan pernah tertinggal dari daftar menu makanan saat buka puasa, Kolak.  Kuliner khas ramadhan dengan cita rasa manis dan legit yang cocok mengembalikan energi tubuh setelah satu hari penuh berpuasa. Satu porsi kolak memiliki aneka jenis isian, seperti pisang, ubi labu, kolang-kaling dan berbagai isian lainnya yang bakal membuat kamu tidak akan pernah bosan menyantapnya. Perpaduan gurihnya santan dengan rasa manis bakal terasa pecah di mulut saat kamu mulai menyuapnya. Sudah ngiler bukan ingin segera buka puasa?

4. Sambel Goreng Ati


Sambel Goreng Ati
Sambel Goreng Ati, Foto oleh Resep Koki Id
Menjadi pelengkap saat menu ramadhan, Sambel Goreng Ati cocok jadi menu buka puasa ataupun saat sahur. Terbuat dari hati ayam yang dimasak dengan kuah sambel goreng, santan dan aneka rempah sehingga menghasilkan cita rasa pedas yang nikmat. Apalagi kamu menyajikannya bersama opor ayam? Bikin perpaduan yang pecah di mulut saat menjadikannya sebagai menu buka puasa kamu. 

5. Bubur Kampiun


Bubur Kampiun
Bubur Kampiun, Foto oleh Nesia Times Com
Menjadi makanan khas Bukittinggi saat ramadhan tiba, Bubur Kampiun ini terbuat dari campuran beberapa bubur, seperti candil, sumsum, kacang hijau, kolak pisang/ubi, ketan, dan kolang-kaling lalu disiram kuah santan yang dicampur gula merah. Cita rasanya yang manis dengan tekstur yang beragam membuatnya jadi salah satu incaran kuliner untuk buka puasa.

6. Es Timun Suri


Es Timur Suri
Es Timun Suri, Foto oleh Jawa Pos Com
Berada di Kota Cirebon, maka kamu akan menemukan Es Timun Suri sebagai salah satu menu untuk buka puasa. Sajian sederhana berupa timun suri yang diserut dengan air gula atau sirup dan ditambah es batu menjadi pilihan yang tepat untuk sajian saat berbuka. Memiliki kandungan air dan gizi yang cukup banyak membuat Es Timun Suri cocok untuk mengganti cairan tubuh selama berpuasa. Tertarik membuatnya di rumah sebagai menu buka puasa hari ini?

7. Kicak 


Kicak
Kicak, Foto oleh Idn Times Com
Bagi warga Yogyakarta makanan khas ramadhan ini akan sangat dirindukan di tengah wabah virus covid-19 atau corona seperti saat ini, Kicak. Merupakan makanan khas ramadhan yang terbuat dari nasi ketan yang ditumbuk halus, kemudian dicampur dengan gula, parutan kelapa, santan, daun pandan, serta potongan buah nangka sebagai pelengkap menjadikannya bercita rasa gurih dan manis serta memiliki aroma harum yang khas. Kicak sendiri, biasa dijajakan di Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman. 

8. Ketan Bintul


Ketan Bintul
Ketan Bintul, Foto oleh Pesona Travel
Merupakan salah satu kuliner ramadhan wajib orang Serang, Baten, Ketan Bintul selalu jadi favorit menu saat berbuka. Terbuat dari nasi ketan yang ditumbuk dan disajikan dengan taburan serundeng dan kuah rendang daging sapi, konon makanan ini merupakan makanan kesukaan para raja Banten. Selain rasanya lezat dan gurih, Ketan Bintul juga bisa mengenyangkan perut kosong setelah berpuasa seharian. Tertarik membuat makanan khas ramadhan ini sebagai menu buka puasa di rumah?

9. Pakat


Pakat
Pakat, Foto oleh Liputan 6 Com
Makanan khas ramadhan satu ini merupakan salah satu sajian berbuka orang Sumatera Utara. Terbuat dari Rotan muda yang dibakar, lalu dikuliti dan diambil daging dalamnya, menjadikan Pakat sebagai pilihan kudapan yang nikmat sebagai lalapan bersama sepiring nasi hangat saat berbuka puasa. Harganya yang terjangkau namun diyakini dapat mengembalikan tenaga yang hilang selama menjalankan puasa membuat Pakat cocok jadi santapan saat berbuka puasa.

10. Bongko Kopyor


Bongko Kopyor
Bongko Kopyor, Foto oleh Masak Apa Ya Com
Merupakan salah satu makanan khas ramadhan warga Gresik, Jawa Timur, kuliner ini hanya bisa ditemukan saat bulan puasa, Bongko Kopyor. Sajian menu buka puasa yang terbuat dari campuran tepung terigu, potongan roti tawar, serutan kelapa muda, santan, pisang, nangka, dan bubur mutiara yang dibungkus menggunakan daun pisang, lalu dikukus sampai matang. Cita rasanya yang manis dan nikmat cocok disantap saat manis dalam keadaan hangat ataupun dinginkan dalam kulkas terlebih dahulu. Perpaduan cita rasa yang pecah dan menggoyang lidah saat kamu menyantapnya saat berbuka setelah sehari berpuasa.

11. Gulai Siput


Gulai Siput
Gulai Siput, Foto oleh Google Com
Jika biasanya kamu menikmati gulai ayam ataupun kambing sebagai makanan untuk buka puasa, maka cobalah Gulai Siput sebagai alternatif pilihan saat berbuka. Menjadi makanan khas ramadhan di Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Gulai berbahan utama siput sawah dengan kuah kuning ini dibuat bersama campuran daun ubi dan disajikan dengan seporsi nasi hangat. Cita rasanya yang unik dan lezat membuat Gulai Siput cocok jadi hidangan berbuka untuk mengembalikan stamina tubuh setelah lelah seharian berpuasa.
Berbagai kuliner khas ramadhan di atas bisa jadi pilihan menu santap saat sahur maupun berbuka kamu. Ditengah pandemi seperti hari ini, ada baiknya untuk membuat sendiri di rumah berbagai sajian menu untuk buka puasa maupun saat sahur. Hindari kerumunan dan batasi keluar rumah, tetap stay at home dengan mencoba memasak sendiri berbagai menu makanan khas ramadhan untuk keluarga tersayang. (Sumber Kulinerkota.com)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

1 comment for "11 Makanan Khas Ramadhan yang Ada di Indonesia"

ceritarelawan.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA MENARIK LAINNYA
close