Lawan Corona, IJTI Bersama PMI Jember Gelar Kampanye & Bagikan Masker



CERITARELAWAN.id, JEMBER - Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Koordinator Daerah Tapal Kuda, bersama relawan kemanusiaan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Jember, Rabu Siang, melakukan kampanye pencegahan wabah virus corona covid-19.

Kampanye digelar di simpang empat SMP 2 Jl. PB Sudirman, Jember, dengan mengusung sejumlah poster berisi ajakan kepada masyarakat untuk tetap berada di rumah, jaga jarak dan pentingnya menjaga kesehatan di saat pandemi covid-19 terus meluas.

Di Jember sendiri, dari data yang dirilis tim gugus tugas covid-19 Jember, ada empat pasien terkonfirmasi positif corona. Satu diantaranya meninggal dunia. Satu orang sembuh, dan dua lainnya hingga kini masih menjalani perawatan.
Sementara data pasien dalam pengawasan (PDP) di Jember terdapat 22 orang. Sembilan telah dinyatakan selesai pengawasan, lima masih dalam pengawasan, satu meninggal dunia (namun rapid tes negatif), dan tujuh orang merupakan pasien dari luar Jember.
Adapun data orang dalam pemantauan (ODP) di Jember terdapat 900 orang. 337 telah dinyatakan selesai dipantau, serta 538 orang dalam pemantauan. Jumlah ODP meninggal dunia 8 orang, (6 diantaranya rapid tes negatif, satu orang rapid tes positif, dan satu tidak dilakukan rapid tes).
Sementara data orang dalam resiko (ODR) mencapai 13.102 orang. 8.553 selesai dipantau, 4.463 dalam pemantauan, dan 36 belum terpantau.

Melihat perkembangan data sebaran yang terus meningkat, memicu kesadaran kita bersama untuk terus melakukan upaya pencegahan.
Meski imbauan dari berbagai pihak tak henti-hentinya mengajak supaya masyarakat tetap di rumahnya, namun kenyataan di lapangan masih saja banyak warga yang bebas keluar rumah.
Kendornya tingkat kesadaran masyarakat tentang berbagai langkah pencegahan, menyebabkan anjuran stay at home, mulai banyak dilanggar. Salah satu indikatornya adalah jalanan yang sebelumnya sempat lengang, kini sudah mulai ramai kembali, padahal sebenarnya covid masih mengancam. 

Jurnalis televisi yang tergabung dalam IJTI Tapal Kuda mempunyai tanggung jawab moral, untuk terus memberikan pemahaman dan informasi tentang bahaya  serta acaman corona virus.

Dalam kesempatan ini IJTI Tapal Kuda bersama PMI Jember membagikan 200 masker kepada para pengguna jalan maupu warga. Tentu ini sebagai upaya positif yang nantinya akan terus dilakukan di sejumlah titik lainnya.

Dari kampanye ini Jurnalis IJTI Tapal Kuda turut berpesan kepada masyarakat untuk tetap di rumah, hindari keramaian dalam bentuk apapun, jaga kesehatan dan kebersihan, diri serta lingkungan, sering cuci tangan dan tak lupa berdoa semoga wabah ini segera berlalu.

Jangan percaya info hoax dan mari sama-sama mencegah berita bohong seputar corona. Ikuti informasi hanya dari media yang kredibel dan bertanggung jawab karena #KAMITETAPADA #BERSAMALAWANCORONA. (ca/humas)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata