Makanan Sehat untuk Bayi


Foto Ilustrasi

CERITARELAWAN.id - Untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhannya, bayi membutuhkan asupan makanan dan susu yang mereka minum secara sehat. 

Ini berlaku setelah bayi berusia lebih dari 6 bulan, mengingat sejak lahir hingga 6 bulan, orang tua harus memberikan ASI eksklusif.


Sebagai orang tua, Anda tentu ingin memberikan yang terbaik untuk bayinya. 


Namun, karena kurangnya informasi, asupan yang diberikan kepada anak Anda dapat merusak kesehatan anak Anda. 

Sudahkah Anda memberikan makanan dan susu bayi terbaik untuk bayi Anda?



Makanan Bayi Alami

Setelah menyelesaikan pemberian ASI eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan, bayi mulai diberi makanan tambahan. Tentu saja makanan yang dibutuhkan adalah yang terbaik. Bayi membutuhkan banyak makanan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi untuk pertumbuhan.

Makanan sehat untuk bayi haruslah makanan alami, artinya makanan yang bebas pengawet, pewarna, perasa, dan rempah-rempah instan buatan. 

Namun, karena kesibukan, makanan instan praktis sering menjadi pilihan. Ditambah iklan yang tampil menarik yang memberi kesan makanan instan yang sehat. Agar tidak memberi makan yang salah untuk anak Anda, informasi tentang makanan yang tepat untuk bayi perlu dicari lebih banyak.


Bahaya Makanan Instan

Munculnya makanan instan terjadi pada Perang Dunia II. Makanan instan adalah solusi untuk mengatasi antrian panjang untuk mendapatkan makanan yang terjadi saat itu. Saat itu, makanan dihidangkan untuk menjaga kehidupan tanpa memperhatikan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, jika Anda menyediakan makanan instan, apakah itu cukup baik untuk memenuhi gizi anak Anda?

Makanan instan umumnya mengandung unsur-unsur yang tidak alami. Proses pembuatan dan penyimpanan makanan yang membutuhkan waktu untuk membuat makanan tidak segar dan menghilangkan kandungan nutrisi. Belum lagi jika makanan instan mengandung bahan pengawet, pewarna atau zat lain yang tidak alami. Kalau untuk orang dewasa hanya zat makanan ini yang berbahaya, terutama untuk bayi.

Makanan Bayi Sehat

Makanan berikut wajib untuk makanan bayi agar tetap sehat:

Buah-buahan

Buah menjadi makanan pertama yang sangat baik untuk bayi yang mulai makan. Alasannya adalah karena buah dapat dimakan tanpa dimasak, sehingga nutrisi dan enzim yang terkandung di dalamnya dapat diperoleh secara keseluruhan karena tidak melalui proses pemanasan yang dapat mengurangi nutrisi yang ada di dalamnya. Nutrisi dan enzim alami mudah diserap oleh tubuh, sehingga sangat cocok untuk bayi yang mulai makan dan mencerna makanan untuk pertama kalinya.

Bubur bayi

Untuk memenuhi zat gizi, Anda dapat membuat makanan sendiri untuk anak Anda. Setelah usia 6 bulan, bayi Anda akan mulai belajar makan. Sediakan makanan alami, seperti karbohidrat yang diperoleh dari bubur saring, protein hewani yang diperoleh dari daging merah atau daging ikan, protein nabati, seperti yang ditemukan dalam kedelai dan sayuran hijau. Makanan disediakan untuk bayi, tidak perlu menambahkan garam atau gula, terutama rasa atau pewarna sintetis.

ASI

Sebagai pelengkap, bayi membutuhkan susu yang merupakan minuman wajib. ASI terbaik untuk bayi adalah ASI atau ASI, karena benar-benar ASI alami. Dibandingkan dengan susu formula yang tampaknya memenuhi kebutuhan anak Anda, ASI jauh lebih baik.

Awalnya, susu formula khusus diberikan kepada bayi yang ibunya meninggal dalam perang sehingga bayi tidak bisa mendapatkan susu dari ibu mereka lagi. Namun, sekarang susu formula diberikan kepada bayi, meskipun dalam penggunaan, susu formula harus diperlakukan seperti obat. Artinya, itu harus resep dokter, ada aturan pakai, dan lama pemakaian. Ini karena penggunaan susu formula dapat menimbulkan efek samping, seperti penggunaan obat-obatan. Efek samping yang umum adalah diare karena susu formula tidak sesuai.

Susu formula yang mengklaim susu formula terbaik atau termahal, tidak ada bandingannya dengan kandungan nutrisi yang ditemukan dalam ASI. Di ASI ada nutrisi yang sangat lengkap dan dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan bayi. Jadi, cobalah memberikan ASI kepada bayi Anda. Menyusui eksklusif, tanpa makanan dan minuman lain, diberikan kepada bayi hingga usia 6 bulan. ASI dapat terus diberikan sampai usia 2 tahun.

Makanan instan atau susu formula dapat menyebabkan efek samping untuk bayi yang sistem pencernaannya tidak sempurna. Berikan makanan bayi terbaik untuk bayi kesayangan Anda dengan menyediakan makanan alami seperti buah, bubur, dan yang terpenting adalah ASI untuk pertumbuhan bayi yang optimal.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url