Gandeng Aman, PMI Muba Salurkan Bantuan Untuk Suku Anak Dalam


CERITARELAWAN.id, MUSI BANYUASIN - Operasi Bantuan Kemanusiaan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) tidak hanya menyasar warga di perkotaan dan perdesaan saja. Kali ini PMI Muba berkolaborasi dengan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) berangkatkan Timsus Kemanusiaan untuk membawa paket bantuan sekaligus memberikan edukasi kesehatan tentang antisipasi Covid-19 kepada warga pedalaman yang dikenal dengan sebutan Suku Anak Dalam (SAD).

 Beni Hernedi Wakil Bupati Muba sekaligus Ketua PMI Muba kepada CERITARELAWAN.id mengatakan, paket bantuan kemanusiaan yang diberikan kepada warga SAD berupa sembako, pakaian layak pakai dan hygiene kit untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Paket bantuan ini diberikan kepada SAD yang berada di kawasan hutan di dalam wilayah Desa Muara Medak. Data yang kami dapat dari AMAN ada sebanyak 77 KK dari 2 komunitas SAD yang akan menerima bantuan, yakni 38 KK di Dusun 8 dan 39 KK di Dusun 5", ujar Beni, kamis (7/5) di Posko Induk PMI Muba.

Beni menambahkan alasan PMI Muba memberikan bantuan kemanusiaan kepada SAD. Hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 sampai saat ini masih melanda. Dampaknya telah dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu, bantuan kemanusiaan yang ada harus juga sampai dan dirasakan oleh masyarakat yang ada di pedalaman sekalipun. 

"Berpegang pada prinsip kemanusiaan PMI, kami memandang perlu ikut membantu warga SAD dalam melindungi diri mereka dari penularan Covid-19. Oleh karena itu selain memberikan paket sembako, PMI dan AMAN akan memberikan edukasi kepada SAD tentang cara mencegah dari penularan Covid-19. Selama ini mereka juga ikut berperan dalam melindungi kelestarian hutan kita, saatnya kita juga melindungi SAD dari Covid-19", pungkas Beni.

Pewarta/Editor : amin
Copyright@CERITARELAWAN.id2020
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url