Peduli COVID-19, Tarmin Warga Kuryo Wonogiri Bagi Bibit Gratis


CERITARELAWAN.id, WONOGIRI – Tarmin seorang petani asal Kuryo, Kecamatan Jatipurno, Wonogiri, tergerak hatinya melihat warga yang terdampak krisis akibat pandemi COVID-19. 

Tarmin kepada CERITARELAWAN mengatakan aksi sosial peduli Covid-19 diwujudkan dengan memberikan bibit tanaman kepada warga secara gratis.

Bertempat di Kebun Bibit Griya Amanah Jl. Raya Jatipurno, Kecamatan Jatipurno, Wonogiri, Jawa Tengah ratusan bibit tanaman buah diserahkan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19.  
Adapun bibit tanaman buah yang dibagikan di antaranya, bibit alpukat, bibit pisang, bibit terong, dan lombok.
“Semoga tujuan kami memberikan bibit gratis ini, dapat terwujud sesuai harapan, di mana masyarakat kembali mau bertani, guna menjaga ketahanan pangan disaat Pandemi Virus Covid-19” ujar dia, Sabtu (9/5/2020).
Pria yang bekerja sebagai seorang guru SMK ini tidak sekali saja melakukan aksi sosial. Sebelumnya Tarmin membagikan  masker gratis untuk para tenaga medis dan relawan.
Tujuan memberi bibit gratis agar masyarakat memiliki sumber pangan berkelanjutan. Ini juga sebagai langkah agar masyarakat tidak hidup praktis  hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah. Terangnya.
Namun masyarakat bisa terjun ke sektor pertanian lagi dengan mengoptimalkan pemanfaatan lahan atau pekarangan kosong untuk mendukung ketahanan pangan.
Selain itu memperoleh berbagai keuntungan dari pekarangan dengan ditanami berbagai jenis tanaman untuk membantu memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga dan lingkungan sekitar. Sehingga kemampuan dan kekuatan pangan tercukupi disaat pandemi COVID-19 masih terjadi.
“Tujuan kami memberikan bibit gratis ini untuk menstimulasi kemauan masyarakat untuk bertani lagi,  khususnya kaum muda. Mengingat banyak  kaum muda  yang mudik  ke Kecamatan Jatipurno,“ beber dia.
Menurut dia, sektor pertanian memiliki potensi besar untuk menjaga ketahanan pangan. 

Dengan adanya wabah ini justru pertanian harus makin digenjot karena masyarakat sangat membutuhkan panganan yang sehat. Sehingga dapat memberikan rasa aman akibat dampak pandemi. 
Pewarta/Editor: amin  Hak Cipta @ CERITARELAWAN.id 2020