Pengertian PMR, Proses Perekrutan dan Pelatihan

PMR (Palang Merah Remaja) adalah wadah kegiatan remaja di sekolah atau Lembaga pendidikan formal dalam kepalangmerahan melalui program Ekstra Kurikuler.

Manajemen PMR merupakan proses pembinaan dan pengembangan remaja PMI agar dapat mendukung peningkatan kapasitas organisasi dan pelayanan PMI. 

Tujuan dari manajemen PMR adalah untuk membangun dan membangun dan mengembangkan karakter PMR yang berpoman pada prinsip kepalangmerahan untuk menjadi relawan masa depan.


Perekrutan

Perekrutan adalah peningkatan jumlah anggota dan kelompok PMR melalui proses promosi, pendaftaran, dan wawancara. Perekrutan biasanya dilakukan pada bulan Juli-Agustus.


Persyaratan untuk menjadi anggota PMR adalah:

1. WNI atau WNA yang sedang berdomisili di Indonesia

2. Berusia 7-20 tahun dan belum menikah.

3. Berpendidikan setingkat SD, SLTP dan SLTA.

4. Bersedia mengikuti pelatihan dan pendidikan dasar kepalangmerahan.

5. Mendapat persetujuan orang tua / wali.

6. Menyerahkan formulir pendaftaran ke Pembina PMR di sekolah yang selanjutnya akan diteruskan ke PMI Markas lokal. Sesuai dengan usia dan tingkat pendidikan masing-masing.


Tingkatan PMR :

PMR MULA: usia 7-12 tahun atau setingkat SD

PMR MADYA: usia 12-16 atau setingkat SLTP

PMR WIRA: usia 16-20 atau setingkat SLTA


Pelatihan

Pelatihan khusus untuk menguatkan karakter anggota PMR untuk meningkatkan keterampilan hidup sehat dan menjadi relawan, anggota PMR tidak hanya tahu dan melatih tetapi juga perlu meningkatkan dan memfasilitasi apa yang harus mereka perbaiki dalam proses pelatihan.

Materi dalam pelatihan PMR meliputi Gerakan Kepalangmerahan, Kepemimpinan, Pertolongan Pertama, Sanitasi dan kesehatan, Kesehatan remaja, Kesiapsiagaan bencana dan Donor Darah.

Tri Bhakti PMR

Melibatkan anggota PMR dalam berbagai kegiatan kepalangmerahan merupakan karya dan bakti yang diikuti pelatihan, pengakuan terhadap kompetensi dan peningkatan dalam meningkatkan kualitas anggota dan organisasi serta memberikan jawaban atas berbagai kepentingan terkait dengan PMI. 


Setelah mengikuti perencanaan dan pelatihan dasar PMR di sekolah, Anda dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, antara lain:

1. Pengumpulan bantuan di sekolah untuk korban Bencana.

2. Bhakti sosial dengan kunjungan ke Rumah Sakit atau Panti Jompo / asuhan untuk perawatan keluarga, gerakan kebersihan lingkungan, dlsb.

3. Ikut gerakan kakek/nenek angkat.

4. Ikut pelatihan remaja sebaya di bidang kesehatan remaja dan HIV / AIDS.

5. Donor darah siswa.

6. Seni (majalah dinding, lomba-lomba).

7. Album pertukaran, program persahabatan remaja palang merah regional / internasional.

8. Jumbara (Jumpa Bakti Gembira) PMR.

Ruang lingkup kegiatan PMR ini dikenal dengan “Tri Bakti Remaja”, yang meliputi:

1. Meningkatkan Ketrampilan Hidup Sehat.

2. Berkarya dan Berbakti di Masyarakat.

3. Mempererat Persahabatan Nasional dan Internasional.

Pengakuan dan Penghargaan

Pengakuan Dan penghargaan bertujuan untuk :

1. Memotivasi PMR agar Tetap Bersama DENGAN PMI

2. Memberikan rasa Bangga Dan Kesadaran akan kualitasnya bahwa meskipun Masih remaja mereka DAPAT berperan untuk review Kemanusiaan.

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri Dan komitmen.

4. Meningkatkan KUALITAS activities kepalangmerahan.

Dalam rangka memberikan pengajuan dan penghargaan terhadap PMR, PMI Kota Surakarta telah berhasil menyelenggarakan acara PMR Awards yang merupakan kegiatan dalam program kerja PMR.

Kegiatan ini merupakan inovasi yang dilakukan oleh PMI Kota dalam mengapresiasi potensi para anggota PMR yang masih ada, yang mendukung peningkatan kualitas SDM anggota PMR.

Pemantauan dan Evaluasi

Pemantauan dan Evaluasi adalah proses berkelanjutan dan melekat pada seluruh siklus. Memeriksa waktu untuk membahas bagaimana melakukan kegiatan, apa yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan menjawab kebutuhan mereka, merupakan sebagian dari pembahasan dan evaluasi, yang tidak perlu dilakukan sehubungan dengan penjadwalan PMI terhadap kualitas anggota, kegiatan, dan Tri Bhakti yang dilakukan.

Editor : amin

Sumber : pmi.or.id

CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Pengertian PMR, Proses Perekrutan dan Pelatihan "