RSUI Gelar Tes PCR, 126 Sampel Swab Dinyatakan Positif Corona

Poster
Ilustrasi (detikcom)

CERITARELAWAN.idJakarta - Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) telah melakukan pengujian polymerase chain reaction (PCR) terkait virus Corona terhadap 904 sampel. Dari total yang telah diuji tersebut, 126 sampel dinyatakan positif Corona.

Dikutip CERITARELAWAN.id dari detik.com bahwa PLT Dirut RSUI, Sukamto, menjelaskan, tes PCR telah dilakukan oleh RSUI sejak pertengahan April lalu hingga awal Mei ini. Dia juga menyebutkan, dari total 904 sampel tersebut, 70 persen atau 633 sampel berasal dari program tes PCR gratis yang digagas RSUI khusus kepada warga Depok.
"Total sampel pemeriksaan PCR yang dilakukan Laboratorium Terpadu RSUI sejak 15 April hingga 2 Mei 2020 adalah 904 sampel... 70 persen (633 sampel) merupakan sampel dengan pembiayaan subsidi Pemerintah Kota Depok," kata Sukamto ketika dihubungi, Senin (4/5/2020).
"14 persen (126 sampel) dari seluruh sampel yang sudah diperiksa menunjukkan hasil yang positif," imbuhnya.
"Jadi gini... untuk yang 14 persen sampelnya positif itu kan misalnya berasal dari satu pasien rawat inap. Dia dirawat inap kan ada mengecek sampel dalam beberapa hari. Jadi kan ada pasien rawat inap misalnya ya dites (PCR) pertama positif, lalu dites lagi masih positif. Itu kan berarti satu orang dua sampel ya," tutur Sukamto.Sukamto menjelaskan, 126 sampel yang telah dinyatakan positif Corona tersebut bukan berarti ada 126 orang yang terkonfirmasi positif Corona. Dia mengatakan satu orang bisa memiliki lebih dari satu sampel positif, bergantung pada hasil pemeriksaan yang telah dijalankan.
Sukamto menjelaskan, hasil sampel-sampel yang telah dinyatakan positif Corona ini akan dilaporkan kepada pihak Litbangkes. Dia juga menyebutkan akan melaporkan hasil sampel ini kepada Labkesda dan Dinas Kesehatan kota Depok.
"Yang jelas, karena kami laboratorium berjejaring khusus penanganan COVID-19, maka laporannya ke Litbangkes. Khusus untuk Depok, karena ini ada kerja sama dengan Depok, maka untuk pelaporannya kami akan menyampaikan sampel tersebut ke Labkesda dan Dinas Kesehatan Depok," pungkasnya.
Editor : Amin
Sumber : detik
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "RSUI Gelar Tes PCR, 126 Sampel Swab Dinyatakan Positif Corona"